Kampung Hijau Posdaya Jingga di Kelurahan Ragunan

KAMIS, 22 DESEMBER 2016

JAKARTA — Jejak Pemberdayaan Yayasan Damandiri — Posdaya Jingga yang berkedudukan di Gang Abah Nomor 41 RT 05, RW 05, Kelurahan Ragunan, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, memiliki komitmen kuat untuk menghijaukan lingkungannya. Tujuannya untuk menghadirkan suasana nyaman dan bersih bagi warga yang tinggal maupun orang lain yang hanya datang berkunjung. Koordinator Pos Penghijauan Posdaya Jingga adalah Sumargo, Ketua RT0 15, RW 05, Kelurahan Ragunan Pasar Minggu, Jakarta Selatan.
Sumargo akhirnya bisa memetakan wilayah penghijauan untuk kemudian menggerakkan gagasan Kampung Hijau bersama dua rekannya, Alim Ketua RT 04 dan Saini, Ketua RT 08. Mereka bertiga terus berbagi akan bibit tanaman, menyuburkan bibit agar tumbuh dengan baik, setelah itu membagikannya kepada warga untuk ditanam di rumah masing-masing atau pekarangan rumah. Biaya untuk kegiatan mereka didapat atas swadaya masyarakat berikut bantuan bibit tanaman maupun peralatan berupa media tanam dari pemerintah setempat seperti Kelurahan Ragunan, Kecamatan Pasar Minggu bahkan dari Kodya Jakarta Selatan.
Berikut hasil dokumentasi terbaik yang diambil Cendana News dari tiga wilayah Kampung Hijau di RT 04, RW05, RT 08, RW05 dan RT 015, RW 05. Wilayah lain dari RW 05 Kelurahan Ragunan banyak yang sudah konfirmasi keikut-sertaan mereka dalam gerakan Kampung Hijau. Tinggal menunggu saja kreatifitas masing-masing untuk menghijaukan wilayahnya. Dan, jika semuanya terwujud, itu adalah hasil dari upaya Posdaya, khususnya Posdaya Jingga dalam memberdayakan masyarakat dalam penghijauan dan menciptakan lingkungan yang bersih serta nyaman untuk  ditinggali maupun dikunjungi orang lain.
Anak-anak riang bermain di lapangan wilayah Gang Gotong Royong RT 015, RW 05 Kelurahan Ragunan.

Tembok lorong Gang Mandala RT08/RW05 Kelurahan Ragunan yang dilukis dan ditempeli tanaman

Suasana Kampung Hijau Posdaya Jingga di RT04, RW05, RT08, RW05 dan RT 015, RW 05 Kelurahan Ragunan.

Memanfaatkan limbah plastik bungkus minyak goreng menanam selada dan media tanam pipa pralon untuk tanam kangkung.

Jurnalis : Miechell Koagouw / Editor : Koko Triarko / Foto : Miechell Koagouw

Lihat juga...