Kasdim 1613 Sumba Barat Minta Masyarakat Terus Pupuk Toleransi

KAMIS, 29 DESEMBER 2016
WAIKABUBAK — Kerukunan antarumat beragama di Kabupaten Sumba Barat selama ini sudah berjalan dengan baik sehingga Kasdim 1613 Sumba Barat meminta agar masyarakat terus memupuk dan mempertahankan semangat toleransi ini.

Peserta rapat evaluasi pengamanan Natal dan tahun baru di aula Mapolres Sumba Barat.

Dalam rilis yang diterima Cendana News, Kasdim 1613 Sumba Barat, Mayor Infantri Kasim S.Ag, mengimbau agar para tokoh agama terus menggelorakan nilai-nilai toleransi dan mengajak umat beragama di Sumba Barat untuk saling menjaga tolernasi.

“Masalah toleransi antarumat beragama hendaknya tetap terjalin dan menjadi tugas kita bersama untuk terus memupuk, memelihara, dan menjaganya bersama,” pintanya.

Mayor Kasim dalam rapat analisa dan evaluasi pengamanan Hari Raya Natal 2016 dan Tahun Baru 2017 di Mapolres Sumba Barat, Kamis (29/12/2016), juga berharap, agar umat beragama jangan mudah terprovokasi isu-isu serta berbagai hasutan yang ingin memecah belah persatuan dan kesatuan masyarakat Kabupaten Sumba Barat.

Saat ini, lanjutnya, harus terus diwaspadai isu-isu yang berkembang baik di dunia, regional, dan nasional seperti ISIS dan teroris yang berpengaruh pada kehidupan masyarakat dan bisa mengancam keamanan nasional.

“Kami dari TNI, dalam hal ini Kodim 1613 Sumba Barat, tetap melaksanakan pengamanan di gereja dan obyek vital lainnya seperti terminal, pasar, dan lainnya,” ungkapnya.

Lanjut Kasdim Sumba barat, semuanya, baik personil keamanan, pemuka agama, masyarakat dan pemerintah bersyukur atas berkat Tuhan Yang Maha Esa kegiatan perayaan Natal berjalan aman, tertib, dan umat Kristiani dapat melaksanakan ibadahnya secara khusuk dan penuh kedamaian.

Dalam peerayaan Natal ini, bebernya, baik umat muslim maupun Hindu juga turut terlibat dalam menjaga keamanan dan begitu juga dalam pergantian tahun, semua kelompok agama ikut ambil bagian untuk  mengamankan wilayah masing-masing dari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

“Kita inginkan agar perayaan Tahun Baru bisa berjalan dengan aman dan lancar tanpa ada gangguan keamanan. Berkat kerjasama yang sudah terjalin dengan baik antara pihak keamanan, masyarakat dan pemerintah Kabupaten Sumba Barat,” pungkasnya.

Jurnalis: Ebed de Rosary / Editor: Satmoko / Foto: Ebed de Rosary

Lihat juga...