Kota Bandung Luncurkan Akta Braille

RABU 28 DESEMBER 2016

BANDUNG—Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandung meluncurkan akta kelahiran huruf braille, di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana, Rabu (28/12/2016). Fungsinya, guna mempermudah penyandang tunanetra dalam membaca dokumen kependudukan.

Kepala Disdukcapil Kota Bandung, Popong W. Nuraeni.
 Kepala Disdukcapil Kota Bandung, Popong W. Nuraeni menyampaikan pihaknya mencetak 400 akta braille untuk termin pertama. Jumlah tersebut sesuai dengan catatan yang disampaikan Dinas Sosial.
“Kita koordinasi dengan Dinsos ternyata kurang lebih ada 400-an (penyandang tunanetra di Kota Bandung). Kita berpikir, ini anak orang-orang yang tidak bisa membaca walaupun dia memiliki aspek kelahiran seperti legalitas tapi mereka tidak bisa baca bagaimana namanya ditulis,” tutur Popong seusai peluncuran akta braille.
Pihaknya sudah menyiapkan mesin dan kertas braille. Selain itu, Disdukscapil Kota Bandung pun akan menggandeng Panti Sosial Bina Nentra (PSBN) Wyata Guna, Kota Bandung.
“Dalam mengkoreksi penulisan ini kita berkoordinasi dengan Wyata Guna. Jadi kalau sudah dicetak kita serahkan ke sana, kalau sudah benar kita keluarkan,” katanya.
Lebih lanjut, dia mengaku gagasan akta braille ini mendapat respon positif dari pemerintah pusat. Bahkan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa pun meminta adanya Kartu Tanda Pengenal (KTP) braille.
“Tapi memerlukan sesuatu pemikiran yang luar biasa. Kami hanya bisa mencetuskan akta braillenya saja. Insya Allah ini baru satu di Indonesia,” tuturnya.
Sementara itu, Sekretaris Direktur Jendral (Dirjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) I Gede Suratha mengatakan, akta braille merupakan langkah baru. Inovasi ini, dia katakan, akan dikembangkan untuk seluruh Indonesia.
“Kami pulang dari sini akan rapat soal regulasi kita akan payungi kemudian kita akan sebarkan melalui website dan whatsapp grup kita se Indonesia,” kata I Gede.

Jurnalis: Rianto Nudiansyah/Editor: Irvan Sjafari/Foto: Rianto Nudiansyah

Lihat juga...