Kunjungan Warga Balikpapan ke Puskesmas Meningkat

RABU, 28 DESEMBER 2016

BALIKPAPAN — Tingkat kunjungan warga Balikpapan ke Puskesmas mengalami peningkatan yang signifikan di tahun 2016 ini. Bahkan tercatat satu puskesmas dalam sehari pengunjung bisa mencapai 200 orang. Dari catatan Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, beberapa Puskesmas mengalami kenaikan yang signifikan per harinya. Tercatat di Puskesmas Sepinggan dan Klandasan Ilir dalam sehari bisa mencapai 100-200 pasien.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Balerina.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Balerina, naiknya kunjungan di Puskesmas itu tidak semuanya yang datang karena sakit. Namun ada beberapa yang melakukan konsultasi kesehatan. Karena Puskesmas tidak hanya melayani yang sakit, berkonsultasi mengenai kesehatan sudah bisa dilakukan.

“Kenaikan terjadi karena beberapa hal yakni program BPJS Kesehatan yang sudah berjalan. Mengingat banyak pasien yang rujukannya di Puskesmas. Kedua, jumlah penduduk yang merujuk ke  Puskesmas itu banyak, karena membawahi beberapa kelurahan,” jelasnya Rabu, (28/12/2016). Dengan meningkatnya jumlah kunjungan itu, Balerina mengatakan, kualitas pelayanan Puskesmas juga terus ditingkatkan untuk terus membangun kepercayaan masyarakat berobat ke Puskesmas.

Puskesmas di Balikpapan.

“Peralatan dan kualitas pelayanan Puskesmas terus dibenahi. Salah satunya dengan akreditasi Puskesmas. Masih ada beberapa Puskesmas yang belum terakreditasi sehingga ini menjadi Pekerjaan Rumah di tahun mendatang,” tambahnya.

Jurnalis: Ferry Cahyanti / Editor: Satmoko / Foto: Ferry Cahyanti

Lihat juga...