Kunjungi Lampung Selatan Ketua MPR dan Mentan Disambut Kesenian Tradisional

KAMIS 29 DESEMBER 2016

LAMPUNG—Kunjungan ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia Zulkifli Hasan bersama Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman ke rumah dinas Bupati Lampung Selatan disambut dengan berbagai kesenian tradisional. Kesenian tradisional yang disiapkan oleh Dinas Pariwsata Lampung Selatan tersebut diantaranya kesenian Tari Tuping Lampung,Singa Depok dari TTKDH Sukatani dan kesenian kuda lumping dari Banyuurip Kecamatan Penengahan Lampung Selatan.

Ketua MPR Zukifli Hasan (tengah)  dan Kapolres Lampung Selatan AKBP Adi Ferdian.
Kunjungan kerja ketua MPR Zulkifli Hasan yang terlihat hadir didampingi oleh Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan,Kapolres Lampung Selatan AKBP Adi Ferdian Saputra,Dandim 0421/LS Letkol Inf Untoro Hariyanto serta beberapa pejabat di lingkungan pemerintah Kabupaten Lampung Selatan. Kunjungan ketua MPR bersama rombongan  Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dilakukan dalam rangka memberi bantuan kepada petani di wilayah Lampung Selatan berupa alat dan mesin pertanian.

“Saya datang ke sini untuk ikut memperhatikan pertanian di Lampung Selatan dalam hal ini dengan memberi fasilitas alat dan mesin pertanian tentunya untuk kemajuan petani di Lampung Selatan,” ungkap Ketua MPR Zulkifli Hasan di rumah dinas Bupati Lampung Selatan atau dikenal dengan lamban rakyat,Kamis (29/12/2016)

Sementara itu Menteri Pertanian Republik Indonesia Andi Amran Sulaiman membagikan sebanyak 30 unit alat dan mesin pertanian (Alsintan) terdiri dari traktor tangan (hand tractor) ukuran kecil, traktor besar dan mesin pompa air bagi sejumlah kelompok tani yang ada di Kabupaten Lampung Selatan. Penyerahan alsintan kepada para kelompok tani (poktan) tersebut merupakan upaya Kementerian Pertanian untuk gerakan percepatan tanam musim rendeng yang mulai terjadi di wilayah Lampung. Pemberian alsintan kepada sekitar puluhan kelompok tani tersebut juga selain diberikan oleh Mentan Andi Amran Sulaiman.

Menurut Andi Amran Sulaiman kunjungan kerja ke Lampung Selatan merupakan upaya untuk meningkatkan produktifitas padi sawah terutama Lampung Selatan merupakan salah satu lumbung padi di Provinsi Lampung dan Lampung menjadi salah satu lumbung padi nasional. Salah satu upaya peningkatan produktivitas padi untuk memenuhi kebutuhan pangan nasional tersebut diupayakan oleh Kementan dengan memberikan alat alat dan mesin pertanian lebih modern untuk memudahkan, mempercepat para petani mengolah lahan pertanian yang selama ini menggunakan pengolahan lahan sawah secara tradisional. Ia juga mengajak petani untuk memanfaatkan musim rendengan dengan pasokan air mencukupi untuk petani melakukan penanaman padi secara serentak.

Seusai melakukan pemberian bantuan alsintan kepada kelompok tani di Kabupaten Lampung Selatan kunjungan kerja Mentan bersama ketua MPR dilanjutkan dengan melakukan penanaman padi perdana di areal lahan persawahan kelompok tani Sinar Harapan Desa Baktirasa Kecamatan Sragi dengan luasan lahan tanam sekitar 250 hektar.

Jurnalis: Henk Widi/Editor: Irvan Sjafari/Foto: Henk Widi

Lihat juga...