Libur Panjang Jelang Tahun Baru, Seru Berselfie 3D di ?IAM Bali

SELASA, 27 DESEMBER 2016

BALI — Di zaman ini, mengabadikan momen ibarat sebuah keharusan. Apalagi jika momen tersebut hanya sesekali kita lakukan. Untuk memenuhi hasrat berselfie ria, kini telah dibuat museum 3D (3 dimensi) di kawasan monumen Bajra Sandhi, Renon. Ya, parkir lantai bawah monumen perjuangan rakyat Bali itu kini diubah menjadi museum 3D dan diberi nama Interactive Art Museum (IAM) Bali. Operasional Manager IAM Bali, Ayu Ariastini menjelaskan, ?IAM Bali merupakan museum 3D interaktif terbesar di Indonesia.

Pose unik dalam selfie.

 “Kita yang terbesar di Indonesia untuk sementara ini. Kita punya 5 special room, 5 optical ilution dan lain sebagainya,” jelas Ayu, Selasa (27/12/2016).

?IAM Bali, ia melanjutkan, baru dibuka sejak 3 bulan lalu. Segala lukisan 3D dikonsep dan dilukis seniman lokal Bali. Ada beberapa spot yang paling digemari pengunjung. Di antaranya adalah lukisan 3D Bajra Sandhi di mana terdapat Kung Fu Panda, lukisan ogoh-ogoh dan Desa Penglipuran.

Menyalami Presiden Joko Widodo.

 “Semua pelukisnya seniman dari Bali. Ada Janggo Popo, Ketut Arsadana, Jung Babo, dan adik-adik dari SMA 2 Denpasar,” katanya.

Bulan pertama dan kedua setelah dibuka, Ayu menyebut pengunjungnya masih penduduk lokal. Rata-rata 200 pengunjung tiap harinya. Itu jika hari biasa, di mana IAM Bali buka mulai pukul 9.00 WITA dan tutup pukul 20.00 WITA. Namun, jika week end jumlah pengunjungnya bisa berlipat-lipat, yakni sekitar 500 hingga 2.000 pengunjung.

Bergaya mengikuti pose panda.

“Kalau week end kita buka mulai pukul 07.00 WITA dan tutup pukul 20.00 WITA,” paparnya.

?Ia menjelaskan, awal memasuki IAM Bali pengunjung akan dibekali dengan pendidikan terlebih dahulu. “Kita punya tema pendidikan, hewan langka, menjaga laut agar bersih, budaya Bali dan di ujungnya baru fun. Kita bekali dulu dengan pendidikan, baru seru-seruan. Kalau ke sini keluarnya harus gembira,” tuturnya.

Palu sang hakim.

Cukup rogoh kocek Rp100 ribu, Anda sudah bisa selfie sepuasnya. Harga berbeda untuk turis mancanegara yakni Rp120 ribu. Jika Anda orang asli Bali silakan tunjukkan KTP, maka akan mendapat potongan 50 persen. Anda cukup bayar Rp 50 ribu saja. Tertarik berselfie ria? Silakan kunjungi museum 3D IAM Bali.

Jurnalis: Bobby Andalan / Editor: Satmoko / Foto: Bobby Andalan

Lihat juga...