Liburan Akhir Tahun Jadi Berkah Pengemudi Travel di Bakauheni

SABTU, 31 DESEMBER 2016

LAMPUNG — Ratusan kendaraan travel jurusan Terminal Kedatangan Pelabuhan Bakauheni tujuan Bandarlampung, kebanjiran rejeki. Pasalnya, ratusan wisatawan yang hendak merayakan malam pergantian tahun di sejumlah tempat wisata favorit di Lampung, antara lain di Pulau Pahawang dan Pulau Sebesi, memilih travel sebagai angkutannya.
Puluhan kendaraan travel tampak sedang menunggu penumpang di Terminal Kedatangan Penumpang.
Sejak pagi hingga siang, antrian kendaraan travel yang sebagian berplat hitam yang tidak memiliki izin trayek ke Terminal Pelabuhan Bakauheni, telah mengantri di pintu keluar Pelabuhan Bakauheni untuk menunggu wisatawan yang sebagian sudah memesan kendaraan saat masih berada di Pelabuhan Merak dengan sistem pesan (reservasi) kepada para agen travel.
Salah-satu sopir travel Armada Tegas di Terminal Pelabuhan Bakauheni, Ansori (34), mengaku sejak pagi telah mengantar rombongan wisatawan ke Dermaga Canti di Kecamatan Rajabasa, yang sebagian besar merupakan mahasiswa sejumlah perguruan tinggi di Jakarta.
“Kami sudah menunggu rombongan wisatawan yang berasal dari Pelabuhan Merak dan mereka sudah memesan sejak malam sebelumnya, sehingga kami siaga di Bakauheni untuk membawa rombongan ke tempat wisata,” terang Ansori, saat dikonfirmasi Cendana News di Terminal Pelabuhan Bakauheni Lampung, Sabtu siang (31/12/2016).
Sebagian besar wisatawan, menurutnya, menggunakan sistem carter kendaraan atau sistem borongan dengan harga Rp. 750.000 yang berkapasitas 8 penumpang untuk travel, sementara kendaraan angkutan perkotaan yang tersedia juga menyediakan jasa angkutan khusus tersebut dengan biaya Rp. 850.000 sekali jalan.
Sistem borongan tersebut, menurut beberapa pengemudi travel, lebih menguntungkan, meski hanya terjadi pada hari-hari libur panjang dan hari-hari besar lainnya. Sekembalinya dari berwisata di sejumlah tempat, wisatawan akan kembali sesudah merayakan pergantian tahun dengan sistem pemesanan melalui telepon, sehingga aktivitas pengemudi travel bisa dilanjutkan mengangkut penumpang di Terminal Pelabuhan Bakauheni.
Ratusan wisatawan tersebut diprediksi akan kembali pada Senin (1/1/2017), sore, saat arus liburan selesai dan akan kembali menyeberang ke Pulau Jawa saat arus liburan Natal dan Tahun Baru berakhir. Beberapa armada bus bantuan juga telah disediakan oleh Dinas Perhubungan untuk mengangkut penumpang dari beberapa Kota di Pulau Sumatera menuju Terminal Pelabuhan Bakauheni.
Kepala Terminal Pelabuhan Bakauheni, Irawan, mengungkapkan, jumlah kendaraan bus dan travel serta angkutan umum yang disediakan di Terminal Pelabuhan Bakauheni cukup tersedia selama angkutan liburan Natal dan tahun baru. Puluhan kendaraan tersebut hingga siang ini juga masih tersedia di Terminal Pelabuhan Bakauheni, karena penumpang yang sebagian wisatawan para mahasiswa memesan travel.
Sebagian pengemudi Bus Dalam Kota Jurusan Bandarlampung-Bakauheni justru mengaku sejumlah bus kekurangan penumpang dari Terminal Rajabasa, sementara penumpang dari Terminal Pelabuhan Bakauheni justru sebagian besar penuh dengan kapasitas 50 penumpang.
“Penumpang akan kembali ramai setelah liburan selesai, karena beberapa hari ini bus selalu ramai dari Bakauheni, sementara dari Bandarlampung penumpang sepi, mungkin karena liburan belum usai,” terang sopir bus Puspa Jaya di Bakauheni.

Jurnalis : Henk Widi / Editor : Koko Triarko / Foto : Henk Widi

Lihat juga...