Liburan, Pengunjung Kraton Yogyakarta Melonjak Dua Kali Lipat

SELASA 27 DESEMBER 2016

YOGYAKARTA—Sebagai salah satu icon objek wisata di Yogyakarta, Kraton masih memiliki daya tarik luar biasa bagi para wisatawan luar daerah. Pada masa libur panjang akhir tahun ini, Kraton Yogyakarta tercatat mengalami lonjakan pengunjung hingga dua kali lipat dibanding hari biasa. Setiap hari selama liburan ini, Kraton Yogyakarta sedikitnya dikunjungi sekitar 2000 pengunjung.
Suasana Kraton Yogyakarta saat libur.
“Pada hari-hari biasa, jumlah pengunjung Kraton hanya sekitar 1000 orang per hari. Itupun hanya saat akhir pekan sabtu dan minggu saja. Namun saat masa liburan seperti sekarang ini, jumlah pengunjung bisa meningkat hingga 100 persen, mencapai lebih dari 2000 orang per hari,” ujar salah seorang pengelola wisata kraton dari tepas keprajuritan, Enggar Pikantaya, Selasa (27/12/2016).
Objek wisata Kraton Yogyakarta sendiri terbagi menjadi dua bagian. Pengunjung dapat melihat bangunan Kraton di sisi bagian depan, meliputi Pagelaran dan Siti Hinggil. Ataupun melihat pusat bangunan kraton meliputi Bangsal Ponconiti dan Bangsal Kencono.
Di bagian Siti Hinggil, pengunjung bisa melihat sejumlah koleksi seperti Bangsal Pengapit dan Bangsal Pengrawit yang dulu berfungsi sebagai tempat pelantikan patih maupun putra mahkota atau putra pangeran. Juga bangsal Mangguntur Tangkil yang merupakan singgasana sultan. Di bangsal bangsal ini dulu Presiden Sukarno dilantik menjadi Presiden Republik Indonesia Serikat (RIS). Termasuk juga sejarah pendirian UGM ada di sini.
“Di bagian ini pengunjung juga dapat melihat museum berisi replika patung dengan beragam pakaian adat Jawa, patung prajurit, hingga foto-foto sultan, ” ujarnya.
Sementara di bagian tengah Kraton yakni bangsal Ponconiti dan Bangsal Kencono, pengunjung dapat lebih leluasa melihat isi kraton secara lebih medalam. Bangsal Ponconiti sendiri merupakan lokasi yang dulu digunakan sebagai tempat pengadilan di lingkungan Kraton. Sementara bangsal Kencono merupakan tempat inti untuk menggelar semua kegiatan Kraton.
“Bangsal Kencono ini merupakan tepat untuk melangsungkan semua kegiatan penting kraton. Mulai dari penobatan Sultan, pernikahan anak-anak sultan, dan kegiatan penting lainnya,” ujar pengelola wisata kraton, Siti Amirul.
Tak hanya itu, dilokasi ini pengunjung juga bisa melihat koleksi langka yang dimiliki kraton dalam sejumlah moseum.  Mulai dari museum Sultan HB IX berisi memorabelia Sultan ke IX, museum kristal berisi cindera mata perhiasan dan benda antik. Moseum batik berisi koleksi batik jaman dahulu. Hingga museum lukisan berisi lukisan sultan maupun permaisuri dan keluarga kraton dan Moseum patehan atau tempat membuat minuman teh.
“Ada lebih dari 5000 koleksi benda bersejarah yang bisa penggunjung lihat disini. Pengunjung hanya perlu membayar tiket Rp5000 rupiah untuk setiap orang, dengan tambahan Rp1000 rupiah jika ingin membawa kamera foto,” tukasnya.
Jurnalis: Jatmika H Kusmargana/Editor: Irvan Sjafari/Foto: Jatmika H Kusmargana
Lihat juga...