Liburan, Tingkat Hunian Perhotelan di NTB Over Kapasitas

KAMIS, 29 DESEMBER 2016

MATARAM — Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Nusa Tenggara Barat (NTB), Lalu Muhammad Faozal mengtakan, jelang perayaan tahun baru, tingkat hunian sebagian besar perhotelan sudah penuh, bahkan yang berada di kawasan wisata sudah mengalami over kapasitas.
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Mohammad Faozal
“Secara umum, tingkat hunian perhotelan di NTB sudah over boking dan over kapasitas. Terutama kawasan Senggigi dan tiga Gili di Kabupaten Lombok Utara yang banyak dijadikan lokasi penginapan dan perayaan tahun baru bagi wisatawan” kata Faozal di Mataram, Kamis (29/12/2016).
Ia mengatakan, over kapasitas hunian perhotelan bahkan sudah berlangsung sejak tanggal 27 Desember dan mulai 29 Desember sudah close, dari hotel berbintang hingga city hotel.
Alternatifnya, tinggal homstay dan penyediaan rumah masyarakat setempat, terutama di kawasan tiga Gili menjadi alternatif sebagai tempat penginapan wisatawan yang hendak merayakan tahun baru di NTB.
“Dengan tingginya tingkat hunian dan kunjungan wisatawan tersebut, saya optimis, target tiga juta wisatawan pada 2016 akan bisa tercapai,”sebutnya.
Ditambahkan, pilihan sebagian besar wisatawan, terutama mancanegra menghabiskan liburan dan merayakan tahun baru di Lombok, tidak terlepas dari keberdaan sejumlah objek pariwisata yang dimiliki NTB yang indah dan menarik.

Jurnalis : Turmuzi / Editor : ME. Bijo Dirajo / Foto : Turmuzi

Lihat juga...