Menhub: Puncak Arus Balik Libur Panjang Terjadi Minggu Sore

SELASA, 27 DESEMBER 2016

YOGYAKARTA —  Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Samadi memprediksi puncak arus balik dalam masa libur natal dan tahun baru tahun 2016 kali ini akan terjadi pada hari Minggu sore (1/01/2017). Jumlah pemudik dalam arus balik ini diperkirakan akan lebih besar dibanding arus mudik, serta menumpuk dalam waktu yang bersamaan.

Menhub Budi Karya Samadi saat melakukan peninjauan di stasiun Tugu Yogyakarta

“Ada tiga titik yang kita prediksi akan terjadi kemacetan yakni Pelabuhan Merak. Bandara Soekarno-Hata dan tol Cipali. Namun kita sudah mengantisipasi ketiganya, sehingga dapat berjalan baik. Puncak arus balik sendiri diperkirakan akan terjadi pada hari Minggu sore, tanggal 1 Januari. Karena hari seninnya sudah masuk sekolah,” ujarnya saat melakukan peninjauan di Stasiun Tugu Yogyakarta, Selasa (27/12/2016).

Menyikapi hal itu, Menhub mengimbau kepada para pemudik yang belum membeli tiket ataupun yang belum melakukan perjalanan, agar menunda keberangkatan satu hari. Atau berangkat pada hari Senin (2/01/2017).

“Yang belum memiliki tiket, atau belum jalan kita mengimbau untuk menunda keberangkatan hingga Senin tanggal 2 Januari, pagi, siang atau sore. Karena berdasarkan catatan penerbangan, peak time pada hari Minggu itu tinggi sekali, dan menyatu di satu titik, yakni dari pagi sampai malam,” ujarnya.

Untuk tiket pesawat khusus tanggal 1 Januari di Bandara Soekarno-Hatta sendiri, tercatat telah terboking sebanyak 340.000 orang penumpang. Karena itu ia meminta kepada pihak Bandara Soekarno-Hatta untuk bisa mengantisipasi dan mempersiapkan hal itu dengan baik.

“Begitu pula (dengan pemudik yang mengguakan jalur darat-red) di sekitar kawasan Tol Cipali. Pemudik dari berbagai jurusan akan berkumpul di satu titik pada waktu yang bersamaan. Sehingga sekali lagi kita harapkan, agar para pemudik dapat menunda satu hari keberangkatan mereka, agar tidak menumpuk, ” ujarnya.

Menhub Budi Karya Samadi saat melakukan peninjauan di stasiun Tugu Yogyakarta

Menhub sendiri datang ke Stasiun Tugu Yogyakarta menggunakan kereta, setelah sebelumnya berangkat dari Stasiun Solo Balapan, Surakarta. Di Surakarta, Menhub sebelumnya melakukan peresmian terminal Tipe A Tirtonadi, Surakarta.

Jurnalis : Jatmika H Kusmargana / Editor : ME. Bijo Dirajo / Foto : Jatmika H Kusmargana

Lihat juga...