Modus Penyelundupan Barang Impor Tanpa Ijin ke Indonesia Semakin Bervariasi

JUMAT 23 DESEMBER 2016

JAKARTA—-Bertempat di Kantor Pusat Bea Cukai, Jalan Ahmad Yani, Rawamangun, Jakarta Timur, baru saja selesai dilaksanakan kegiatan pemusnahan ribuan barang bukti berupa botol aneka macam minuman keras dan rokok serta barang-barang lainnya tanpa ijin atau ilegal hasil penyelundupan dari luar negeri.
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (kiri) didampingi Kepala BNN Komjen Pol. Budi Waseso(kanan)
Acara pemusnahan berbagai macam barang-barang selundupan ilegal tersebut dihadiri secara langsung oleh Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati, Direktur Jenderal (Dirjen) Bea Cukai Kementrian Keuangan (Kemenkeu) Heru Pambudi, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Pol. Budi Waseso, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol. Muhammad Iriawan dan pejabat terkait lainnya.
Pantauan Cendana News langsung dari halaman depan Kantor Pusat Bea Cukai Jakarta, Menteri Keuangan  Sri Mulyani Indrawati tampak terlihat memimpin secara langsung acara pemusnahan barang bukti tersebut secara simbolis. Sri Mulyani didampingi Dirjen Bea Cukai, Kepala BNN dan Kapolda Metro Jaya secara simbolis terlihat melemparkan beberapa botol-botol minuman keras beralkohol tinggi yang masuk tanpa ijin atau ilegal ke Indonesia.
Kemudian Menkeu Sri Mulyani Indrawati tampak terlihat sempat menaiki kendaraan Tendem Roller didampingi Kepala BNN, Dirjen Bea Cukai dan Kapolda Metro Jaya. Selanjutnya Menkeu langsung meninjau satu kontainer yang berisi minuman keras asal atau khas Korea Selatan dan yang terakhir adalah mengunjungi stand both barang-barang sitaan berupa aneka jenis narkotika dan obat-obatan terlarang dan berbagai macam barang-barang pornografi.
“Penyelundupan berbagai macam jenis barang ilegal atau tanpa ijin belakangan ini semakin marak terjadi di mana-mana, modus operandinya pun makin beragam dan bervariasi. Kalau dulu identik diselundupkan melalui pelabuhan dan bandar udara, namun sekarang modusmya langsung dikirimkan melalui jasa pengiriman barang secara online, salah satunya yang sering diungkap oleh kantor perwakilan Bea Cukai di Pasar Baru, Jakarta Pusat” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di Kantor Pusat Bea Cukai Jakarta, Jumat pagi (23/12/2016).
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memberikan apresiasi yang tinggi  atas kerja keras dan kerjasama (sinergi) yang selama ini terjalin dengan baik antara Direktorat Jenderal (Dirjen) Bea Cukai, TNI, BNN dan Polri dalam mengungkap dan memberantas aneka macam bentuk dan jenis barang-barang selundupan dari luar negeri tanpa ijin atau ilegal ke Indonesia.
Suasana acara pemusnahan ribuan botol miras dan rokok ilegal di Kantor Pusat Bea Cukai Jakarta.
Jurnalis: Eko sulestyono/Editor: Irvan Sjafari/Foto: Eko Sulestyono


Lihat juga...