Pasca Ditangkap KPK, Rumah Pribadi Bupati Klaten Belum Digeledah

SABTU, 31 DESEMBER 2016

SOLO — Pasca ditangkapnya Bupati Klaten, Jawa Tengah, Sri Hartini, salah-satu rumah pribadinya yang berada di Teloyo, Kecamatan Wonosari, Klaten, terlihat sepi. Di rumah yang berada tepat di pinggir Jalan Raya Solo-Klaten tersebut, hanya terlihat mobil polisi yang tengah berjaga-jaga. Sementara itu, penjaga rumah mengatakan, hingga kini belum ada penggeledahan di rumah tersebut.
Rumah pribadi Bupati Klaten, Sri Hartini, di Jalan Raya Solo-Klaten dijaga petugas.
“Sepi, Mas. Tidak ada orang. Hanya penjaga rumah saja yang ada,” ucap Ajun Inpektur Satu Suhari, salah-satu petugas dari Kepolisian Sektor Wonosari, saat ditemui Sabtu (31/12/2016). 
Sementara itu, salah-satu penjaga rumah pribadi Bupati Klaten, Sabar (21), mengatakan, jika rumah pribadi tersebut memang jarang digunakan untuk aktivitas. Termasuk putra Bupati Andi Pornomo yang mendirikan rumah aspirasi di rumah tersebut, juga jarang pulang. “Ibu dan Mas Andi jarang di sini. Lebih banyak aktivitasnya di rumah dinasnya,” terang Sabar. 
Menurutnya, sudah lebih 2 bulan Sri Hartini maupun Andi tidak pulang ke rumah pribadinya itu. Sedangkan untuk keperluan makan penjaga rumah, selama ini diantarkan oleh sopir pribadi Bupati Klaten. “Paling 1-2 bulan sekali kirim beras 25 kilogram, untuk lauknya minta uang baru dibelikan lauk,” jelasnya. 
Selama tertangkap tangan KPK, rumah pribadi Sri Hartini juga belum ada pemeriksaan maupun penggeledahan. Hanya ada beberapa petugas kepolisian yang melakukan penjagaan di luar rumah. “Belum ada pemeriksaan. Cuma kemarin sempat dipasang garis polisi, tapi belum ada penggeledahan,” ungkapnya. 
Sabar menambahkan, dirinya hingga saat ini juga tidak mengetahui keberadaan putra bupati tersebut. Bahkan, kabar tertangkapnya Sri Hartini juga baru mengetahui setelah menyaksikan berita di layar televisi. “Tidak tahu di mana Mas Andi sekarang. Kita cuma ditugasi untuk menjaga rumah saja,” pungkasnya.

Jurnalis : Harun Alrosid / Editor : Koko Triarko / Foto : Harun Alrosid

Lihat juga...