Pejabat yang Dilantik Jangan Cuma Takut kepada Bupati

JUMAT, 30 DESEMBER 2016

MAUMERE — Para aparatur sipil negara (ASN) khususnya kepala dinas, badan, asisten, dan staf ahli yang merupakan pejabat eselon dua, dalam menjalankan tugasnya jangan cuma takut dan bertanggung jawab kepada bupati tapi yang terpenting bertanggung jawab kepada Tuhan dan masyarakat.

Para pejabat Eselon II yang dilantik sedang mengucapkan sumpah dan janji.

Demikian disampaikan Bupati Sikka, Drs. Yoseph Ansar Rera, saat melantik pejabat Eselon II di lingkup Pemerintah Kabupaten Sikka, Jumat (30/12/2016) di aula Bappeda Sikka.

Dikatakan Ansar, dengan memberikan jabatan, pejabat tersebut diharapkan lebih berkinerja baik dan memperhatikan dengan sungguh-sungguh tugasnya untuk melayani masyarakat. Sebetulnya ini saja, kata Ansar, yang selalu diharapkan peningkatan pelayanan kepada masyarakat harus terus menerus dibenahi dan ini menyangkut tanggung jawab yang dipercayakan dalam mengemban jabatan.

“Kita yang dipercaya dalam jabatan ini bukan takut dan bertanggung jawab kepada bupati tetapi kepada masyarakat dan juga terlebih kepada Tuhan,” sebutnya.

Hal ini berarti masyarakat, tegas Ansar, menaruh harapan kepada pimpinan instansi yang diberi tanggung jawab dan sudah bersumpah. Jalankan secara baik dan benar tugasnya sesuai dengan sumpah yang telah diucapkan. Sumpah jabatan, lanjutnya, hendaknya menjadi motivasi dan mendorong kita untuk bekerja dengan lebih baik. Harus ada peningkatan kinerja agar masyarakat bisa mendapatkan manfaatnya.

“Untuk itu dituntut peningkatan kompetensi kita dengan memenuhi 3 unsur, yakni kemampuan intelektual yang tinggi, memiliki ketereampilan,  dan keahlian tertentu serta sikap, moral dan etika yang baik,” pesannya.

Dari 28 orang pejabat Eseelon II yang mengikuti tes IQ (intelligence quotient) atau kemampuan intelektual, sebut mantan Sekda Ende ini, satu orang yang memiliki  IQ tinggi, 2 orang superior, yang lain cukup dan juga kurang. Memiliki keterampilan dan keahlian tertentu, sambung Ansar, penting sehingga dengan pengetahuan yang dimiliki bisa diaktualisasikan dan diterapkan dalam melaksankan tugas.

“Latihan keterampilan harus terus menerus dikembangkan bukan hanya menunggu dibiayai oleh negara, tapi secara mandiri dilakukan sebagai bekal dalam menjalankan  tugas secara baik, itu yang paling penting,” tegasnya. Sebab, jika tidak ada upaya peningkatan kemampuan, pejabat tersebut sangat sulit berprestasi. Selain itu, sikap, moral dan etika yang baik, juga penting dimiliki.

“Seorang pejabat harus menjadi teladan bukan hanya kepada aparatur sipil negara yang merupakan bawahannya namun bagi masyarakat,” pungkasnya.

Para pejabat yang dilantik terdiri dari Gregorius Rehi, SH, Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Dra Reneldis Paji, Staf Ahli Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan,Yohanes Rana SPd, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM serta Constantinus Tupen SH sebagai Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan. Juga dr. Delly Pasande M.Kes diangkat menjadi Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Aloysius Alfridus Gonsalez Conterius, S.Sos  Asisten Administrasi Umum, Dra Yaku Ripa  menempati posisi Sekretaris Dewan, Drs. Robertus da Silva sebagai Kepala Inspektorat, Drs Muhamad Daeng Bakir mengisi jabatan Kepala BPBD serta Simon Subsidi S.Sos menjabat Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga. Sementara itu, Frederikus Fidelis Kadju Djen ST diangkat menempati pos baru Kadis Perumahan dan Kawasan Pemukiman, Ir. Yunida Pollo  menjadi  Kadis Lingkungan Hidup, Moni Emi Lusia Laka SH selaku Kadis Sosial, Dra. Martha Huberty Pega menjabat Kepala BKD dan Pengembangan serta dr. Maria Bernadina Sada Nenu MPh. menjabat Kadis Kesehatan.

Wilhelmus Sirilus, SSos. MSi menempati posisi sebagai Kadis Perhubungan, Drs. Simeon menjadi Kadis Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu,.Drs. Kensius Didimus menjabat Kadis Pariwisata, Ir. Mauritius Terwinyu da Cunha menempati posisi Kadis Ketahanan Pangan, Heribertus Krispinus SP selaku Kadis Perikanan dan  Ir Hendrikus Blasius Sali masih menjabat Kadis Pertanian. Kadis Perdagangan dan Koperasi UKM ditempati Drs. Lukman Msi, Kadis Kominfo dijabat Drs. Chrispinus Angelo Gagi, Adrianus Firminus Parera, SE, M.Si sebagai Kepala Bappeda dan Litbang, Drs. Eduardus Desa Pante Kepala Badan PKAD serta Drs Thomas Ola Peka  menjabat Kepala Badan Kesbangpol.

Jurnalis: Ebed de Rosary / Editor: Satmoko / Foto: Ebed de Rosary

Lihat juga...