Pelaku Pariwisata Diharapkan Berkontribusi Bagi Kesejahteraan Masyarakat

KAMIS, 29 DESEMBER 2016

MATARAM — Keberadaan pelaku usaha sektor pariwisata diharapkan bisa lebih berkontribusi bagi kesejahteraan masyarakat, melalui penyediaan lapangan pekerjaan yang memadai. Hal teresbut ditujukan agar masyarakat tidak sekedar menjadi penonton, tapi juga bisa merasakan kemanfaatan dari keberadaan sektor pariwisata.
Sejumlah nelayan Desa Selong Blanak, Kabupaten Lombok Tengah, nampak sedang menggeret perahun saat hendak melaut
“Terjadinya kasus kejahatan dan konflik di kawasan pariwisata oleh masyarakat, salah satunya disebabkan karena mereka belum sejahtera dan belum merasakan manfaat dari keberadaan pembangunan pariwista,” kata Kapolda NTB, Umar Septono di Mataram, Kamis (29/12/2016).
Karena itu harus ada solusi perbaikan ekonomi dan kesejahteraan melalui penyediaan lapangan pekerjaan dan tidak bisa dilakukan melalui pendekatan hukum semata, ketika ada tindak kejahatan maupun konflik.
Sebab kalau masyarakat belum sejahtera dan masih miskin, percuma saja tindakan hukum dilakukan, pada akhirnya ketika bebas kembali melakukan tindakan kejahatan.
“Saya harapkan Kepada Pemda NTB, Bupati, Walikota serta pelaku usaha bisa membukakan lapangan pekerjaan, sebagai solusi mengatasi masalah kejahatan dan kemiskinan di kawasan pariwisata NTB,” katanya.

Jurnalis : Turmuzi / Editor : ME. Bijo Dirajo / Foto : Turmuzi

Lihat juga...