Pengembaraan Akhir Tahun Pemuda Sleman Tumbuhkan Cinta Tanah Air

RABU 28 DESEMBER 2016

YOGYAKARTA—-Sebanyak 601 sangga atau regu yang berasal dari sebanyak 35 sekolah tingkat SMA/SMK di Kabupaten Sleman, mengikuti kegiatan Pengembaraan Akhir Tahun (BARATA) ke 31Tahun 2016 yang digelar Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Sleman. Pengembaraan Akhir Tahun merupakan agenda rutin tahunan bagi Pramuka tingkat Penegak dan Pandega. Acara upacara pelepasan sendiri dipimpin langsung Bupati Sleman, Sri Purnomo, selaku Majelis Pembimbing Cabang, yang bertindak sebagai pembina upacara, bertempat di Lapangan Denggung, Sleman, Rabu (28/12/2016).
Bupati Sleman Sri Purnomo melepas kegiatan.
Bupati Sleman, Sri Purnomo, menyatakan di era modern seperti saat ini kegiatan Barata menjadi kegiatan yang sudah sangat langka dilakukan di kalangan generasi muda. Padahal kegiatan semacam ini memiliki nilai-nilai yang sangat positif. Tak hanya menjadi kegiatan yang memupuk kebersamaan, kegiatan Barata juga dapat menumbuhkan rasa solidaritas di kalangan pelajar, sekaligus memupuk rasa cinta pada negara dan tanah air.
“Dengan mengikuti kegiatan ini para pemuda akan dapat mengenal daerah baru yang selama ini hanya dilihat sepintas. Rasa kebersamaan yang ada akan menumbuhkan rasa cinta pada negara dan tanah air,” ujarnya.
Ketua Kwarcab Pramuka Sleman Arif Haryono, yang juga Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Sleman, mengatakan pentingnya gerakan pramuka di kalangan pemuda. Pendidikan kepramukaan menurutnya dapat melatih tiga kecerdasan, yakni kecerdasan intelektual atau pengetahuan, kecersasan sikap dan karakter, serta ketrampilan.
“Kegiatan kepramukaan diharapkan menjadi gerakan yang dapat mengasah sekaligus menguatkan karakter, patiotisme kebangsaan generasi muda, yang diinternalisasikan dengan berbagai ketrampilan. Melalui kegiatan ini para generasi muda juga diajak untuk lebih mengenal dan menghayati kembali kearifan lokal masyarakatnya. Sehingga mereka tidak tercerabut dari akar lingkungannya sendiri,” ujarnya.
Kegiatan BARATA ke 31 ini sendiri dilaksanakan mulai Rabu , 28 Desember 2016 sampai dengan Minggu, 1 Januari 2017. Yakni berupa perjalanan dengan menjelajahi berbagai tempat dengan rute Jelajah Desa Wisata sepanjang 55 kilometer. Mulai dari Lapangan Denggung, menuju Desa Wisata Grogol, Kecamatan Minggir, lalu menuju Kecamatan Tempel dan kembali di Gubub Pramuka Sleman.
Sebagaimana diketahui kegiatan pramuka di era sekarang ini memang tidak sesemarak pada masa orde baru beberapa puluh tahun lalu. Tak banyak generasi muda tertarik untuk mengikuti kegiatan pramuka. Sebagai upaya meningkatkan minat generasi muda mengikuti kegiatan kepramukaan itulah, Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Sleman, mengkampanyekan gerakan pramuka menarik, keren, gembira dan asik. Yakni dengan menggelar berbagai kegiatan kekinian yang digemari.
“Kita banyak menggelar kegiatan untuk menarik minat para pemuda agar tertarik mengikuti pramuka. Mulai dari menggelar kesenian seperti musik,  hingga memanfaatkan teknologi dan sosial media. termasuk menyelenggarakan pentas di tengah masyarakat, ” ujar ketua dewan kerja pramuka cabang Sleman, Arwin Pamungkas.
Jurnalis : Jatmika H Kusmargana/Editor: Irvan Sjafari/Foto: Jatmika H Kusmargana
Lihat juga...