Pengirim TKI Terbesar, Lombok Timur Ingin Kantor Imigrasi Sendiri

RABU 28 DESEMBER 2016

LOMBOK TIMUR—Wakil Bupati, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), Khaerul Warisin mengatakan, upaten Lombok Timur (Lotim), Nusa Tenggara Barat (NTB) merupakan kantung dan pengirim Tenaga Kerja Indonesia (TKI) terbesar di NTB, bahkan menjadi Kabupaten dengan pengiriman TKI tertinggi di Indonesia.
Kantor Unit Layanan Paspor, Kabupaten Lombok Timur.
Berdasarkan data Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi NTB, dari 45 sampai 50 ribu TKI asal NTB yang diberangkatkan, sebagian besarnya merupakan TKI asal Lombok Timur, dengan negara tujuan paling banyak adalah Malaysia.
“Sebagai Kabupaten dengan kantung dan pengirim TKI terbesar, Lotim semestinya memiliki kantor imigrasi sendiri dan tidak sekedar ULP, supaya akses dan proses pelyanan didapatkan masyarakat bisa lebih mudah dan cepat” kata Khaerul di Lombok Timur, Rabu (28/12/2016.)
Sebagai bentuk komitmen atas permintaan tersebt, Pemkab Lotim telah menghibahkan lahan seluas 20 hektar untuk dijdikan sebagai lokasi pembangunn kantor imigrasi permanen.
Kalau Lotim nantinya memiliki kantor imigrasi tersendiri, masyarakat, khususnya yang hendak menjadi TKI ke luar negeri bisa terlayani dengan baik dan tidak harus antrian sampai berhari – hari untuk mendapatkan paspor.
“Bayangkan saja, sekarang masyarakat kalau ingin membuat paspor, baru bisa jadi smpai satu minggu dan itulah yang memicu terjadinya praktik pungutan liar dan percaluan” jelasnya.
Jurnalis: Turmuzi/Editor: Irvan Sjafari/Foto: Turmuzi
Lihat juga...