Persempit Ruang Gerak Pelaku Teror, Polres Karanganyar Gelar Razia Besar

SABTU, 31 DESEMBER 2016

SOLO — Guna mempersempit ruang gerak para pelaku teror dan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), jajaran Kepolisian Resort Karangannyar, Jawa Tengah, menggelar operasi besar-besaran. Razia yang menerjunkan puluhan personel bersenjata lengkap itu sekaligus untuk pengamanan jelang pergantian tahun.
Petugas memeriksa barang di dalam mobil box menggunakan metal detector.
“Jelang pergantian tahun ini, Polres Karanganyar mempunyai program tersendiri, yakni tiada hari tanpa operasi. Ini dilakukan untuk antisipasi adanya teror, sekaligus mempersempit ruang gerak pelaku teror,” ungkap Kepala Sub Bagian Pengendalian Operasi Polres Karanganyar, Ajun Komisaris Polisi Suwarsi, di sela-sela operasi yang digelar pada Jumat (30/12/2016), malam.
Sasaran operasi jelang tahun baru kali ini lebih menekankan mobil box serta Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) jurusan Surabaya-Jakarta maupun Surabaya-Yogyakarta, yang melintas di Jalan Solo-Surabaya, tepatnya Palur, Jaten, Karanganyar, Jawa Tengah. Setidakanya, 120 perseonel diterjunkan dalam operasi jelang pergantian tahun tersebut.
“Kita kerahkan juga personel senjata lengkap dengan rompi anti peluru, anjing pelacak, serta metal detector. Seluruh mobil box dan bus besar kita hentikan dan diperiksa. Terutama kendaraan yang berasal dari luar kota,” jelas Suwarsi.  
Gelar razia malam hari. Insert: Kasubag Dalops Polres Karanganyar, AKP Suwarsi.
Dikatakan lebih lanjut, operasi ini akan terus dilakukan hingga malam tahun baru. Operasi dengan menerjunkan personel dalam jumlah banyak itu juga akan dilakukan serentak di 21 titik di Kabupaten Karanganyar.
“Ini kita tekankan untuk memastikan malam pergantian tahun benar-benar aman. Sekaligus untuk memberi peringatan mereka yang sering konvoi dengan kendaraan dengan knalpot diblong (blombongan –red)dan minum-minuman keras akan kami tindak dengan tegas,” tandasnya. 

Harun Alrosid / Editor : Koko Triarko / Foto : Harun Alrosid

Lihat juga...