PMI Balikpapan Bantu Rp 10 Juta untuk Korban Gempa Aceh

RABU, 14 DESEMBER 2016

BALIKPAPAN — Melalui penggalangan kupon bulan dana, Palang Merah Indonesia (PMI) Balikpapan menyalurkan bantuan dana sebesar Rp 10 juta untuk korban gempa di Pidie, Aceh.

Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Balikpapan, M Arpan, menyatakan, pihaknya memutuskan berikan bantuan dana sebab berdasarkan pengalaman yang lalu, ternyata banyak bantuan dikembalikan karena tidak digunakan.

Ketua PMI Balikpapan, M Arpan, mengungkapkan, bantuan dana segar ini disalurkan melalui rekening PMI Pusat dan bantuan langsung diserahkan kepada korban yang membutuhkan.

“Kami putuskan berikan bantuan dana karena berdasarkan pengalaman yang lalu, ternyata banyak bantuan dikembalikan karena tidak digunakan seperti pakaian layak pakai,” ungkapnya, Rabu (14/12/2016).

Dana yang berasal dari penggalangan kupon bulan dana PMI tersebut, kata Arpan, tidak hanya digunakan untuk korban bencana. Namun, juga diberikan kepada 16 Kepala Keluarga yang memerlukan bantuan di antaranya warga yang kurang biaya pengobatan, anak kurang gizi, pemberian kaki palsu, dan pemberian biaya pemakaman terhadap warga yang meninggal dunia.

“Kami juga imbau kepada keluarga atau perorangan bisa berikan bantuan langsung ke PMI Balikpapan atau ke pusat. Bantuan dana itu langsung disalurkan ke Provinsi Aceh melalui PMI,” imbau mantan Asisten I Pemerintah Kota Balikpapan.

Dia mengatakan, bantuan sebaiknya diberikan dalam bentuk uang agar pemanfaatannya dapat disesuaikan kebutuhan korban bencana Pidie. Apabila bantuan obat-obatan sudah dijamin pemerintah, bagi warga yang ingin bantu di luar pemerintah juga bisa.

Jurnalis: Ferry Cahyanti / Editor: Satmoko / Foto: Ferry Cahyanti

Lihat juga...