Polda Lampung Musnahkan Narkoba Senilai Milyaran Jelang Akhir Tahun

SELASA 27 DESEMBER 2016

LAMPUNG—Jelang akhir tahun 2016 Kepolisian Daerah (Polda) Lampung melalui Kepolisian Resor Lampung Selatan melakukan pemusnahan barang bukti narkotika dan obat-obatan (Narkoba). Pemusnahan barang tersebut merupakan sitaan Polres selama dua bulan terakhir yang terdiri dari beberapa jenis narkoba diantaranya shabu shabu,ganja dan ekstasi.
Kapolda Lampung Irjen (Pol) Sudjarno yang hadir dalam pemusnahan tersebut mengungkapkan pemusnahan barang bukti narkotika merupakan bentuk kesuksesan Polres Lampung Selatan yang merupakan wilayah terdepan di ujung Pulau Sumatera sebagai wilayah hukum Polda Lampung.
Menurutnya barang bukti narkotika yang dimusnahkan di halaman asrama Polres Lampung Selatan tersebut setelah dihitung mencapai nilai  miliaran rupiah dengan asumsi haga barang haram tersebut cukup mahal oleh para pengedar saat dijual. Selain barang bukti hasil tangkapan Polres Lampung Selatan, juga dimusnahkan barang bukti hasil tangkapan dari Polda Lampung.
“Barang yang kita musnahkan, merupakan tangkapan dua bulan terakhir yang dominan berhasil diamankan di Seaport Interdiction Bakauheni. Pemusnahan ini dilakukan sebagai langkah Polda Lampung memberantas peredaran narkotika,”ungkap Kapolda Lampung Irjen Pol Sudjarno didampingi
Kapolres Lampung Selatan AKBP Adi Ferdian Saputra seusai melakukan pemusnahan di halaman asrama Polres Lampung Selatan, Selasa (27/12/2016). Irjen Pol Sudjarno menerangkan , barang bukti yang dimusnahkan berupa ganja kering seberat 82,5 kilogram dalam bentuk paketan dan shabu-shabu seberat 24,01 kilogram, ekstasi 599 butir.
Upaya pemusnahan tersebut merupakan langkah untuk menyelamatkan ribuan nyawa anak muda serta generasi bangsa dari bahaya penyalahgunaan narkoba. Generasi muda kita menjadi korban oleh para bandar narkoba yang ingin mengeruk keuntungan dari bisnis haram tersebut.
Pemusnahan yang dilakukan dengan cara menempatkan narkoba ditempat khusus kemudian dimusnahkan dengan cara disiram dengan minyak tanah dan dibakar hingga habis. Pemusnahan juga mengacu pada UU No 02 tahun 2002 Tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia,UU No 05
Tahun 1997 tentang Psikotropika, UU RI No 35 2009 Tentang Narkotika dan UU No 36 tahun 2009 tentang Kesehatan.
“Selain sesuai dengan undang undang barang bukti narkoba yang kita musnahkan telah mendapatkan penetapan pemusnahan barang bukti dari Kejaksaan Tinggi Lampung”ungkapnya.
Maraknya peredaran narkoba bahkan membuat Kapolda Lampung menegaskan untuk melakukan penembakan terhadap pengedar narkoba yang berusaha melawan petugas saat ditangkap. Upaya tersebut dilakukan untuk mengurangi peredaran narkoba di wilayah hukum Polda Lampung yang merupakan pintu masuk dan keluar Pulau Sumatera dan mengintensifkan penjagaan di Pelabuhan Bakauheni.
Selain Polda Lampung, turut hadir dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Lampung Selatan diantaranya Kapolres Lampung Selatan AKBP Adi Ferdian Saputra, Dandim 0421 Lampung Selatan Letkol Arm Untoro Hariyanto serta beberapa pejabat lain dari PN Kalianda,Kejari Kalianda serta tokoh masyarakat dan tokoh adat.
Selain melakukan pemusnahan barang bukti untuk menekan peredaran narkotika Kapolda Lampung Irjen Sudjarno menegaskan menjelang pergantian tahun baru juga terus melakukan pengetatan pemeriksaan di Seaport Interdiction (SI) Pelabuhan Bakauheni sebagai pintu gerbang Pulau Sumatera dan Jawa, tidak menutup kemungkinan peredaran narkoba melalui Pelabuhan.
“Selain memperketat pengawasan di Pelabuhan, kami juga terus memantau tempat-tempat hiburan rakyat yang ramai dikunjungi pada saat pergantian tahun. Itulah tugas kami untuk memberantas peredaran narkoba di Lampung Selatan,” ungkapnya.
Selain intens melakukan antisipasi bahaya narkotika dan obat obatan terlarang, Irjen Pol Sudjarno mengungkapkan menjelang tahun baru Polda Lampung akan melakukan pengamanan ke sejumlah pusat keramaian yang menjadi konsentrasi massa setelah sebelumnya Polda Lampung juga berhasil mengamankan sejumlah lokasi ibadah umat Kristiani yang merayakan Natal.
Selama pelaksanaan perayaan malam tahun baru serta beberapa aktifitas tahun baru juga akan dilakukan pengamanan untuk menghindari hal hal yang tak diinginkan. Pengamanan melibatkan segala personil Polda Lampung baik di tempat tempat wisata, pusat perbelanjaan serta objek objek vital lainnya. Kapolda berharap masyarakat menjaga ketertiban dan saling menjaga keamanan di masyarakat.
Jurnalis: Henk Widi/Editor: Irvan Sjafari/Foto: Henk Widi
Lihat juga...