Posdaya Soka Jakarta Selatan Kembangkan Ruang Ramah Anak

JUMAT, 30 DESEMBER 2016

JAKARTA — BERITA FOTO — Jejak Pemberdayaan Yayasan Damandiri — Ramah adalah sikap seseorang yang membuat orang lain nyaman berada di dekat orang tersebut. Bagaimana jika sebuah wilayah dikatakan ramah? Itu lebih kepada keadaan lingkungan tersebut untuk menterjemahkan ramah yang dimaksudkan seperti wilayah hijau, tenang, bersih dan baik serta aman untuk kegiatan bermain maupun belajar bagi anak-anak.

Untuk membentuk wilayah ramah anak sudah dilakukan Posdaya Soka, RW012 Kelurahan Kebayoran Lama Selatan, Kecamatan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Berawal dari program penghijauan yang dilakukan para penggerak warga maupun Posdaya Soka, pengadaan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) dan sterilisasi wilayah RW012 agar aman bagi warga maupun kegiatan apa pun di dalamnya, khususnya anak-anak.

PAUD Posdaya Soka digagas ibu-ibu PKK RW012 dan ketika Posdaya hadir di sana, kepengurusan PAUD mulai terintegrasi dan akhirnya menjadi salah satu kegiatan Posdaya Soka dalam pemberdayaan aspek pendidikan masyarakat. Guru-guru dari PAUD adalah dari ibu-ibu penggiat Posdaya Soka, salah satunya adalah Sudarni Adi. PAUD Posdaya Soka hingga saat ini sudah memiliki anggota sebanyak 48 anak.  Seperti kebanyakan PAUD, di sini juga menggunakan metode pengajaran Belajar Sambil Bermain dengan bantuan Alat Permainan Edukatif.

“Di sini kami memantau secara rutin bagaimana perkembangan anak-anak sesuai usianya. Bagaimana cara anak menangkap pertanyaan, bagaimana cara anak menangkap isi sebuah cerita serta bagaimana cara anak menyikapi sebuah peristiwa atau kejadian di depannya. Tapi yang terpenting adalah kami menjaga kenyamanan dan keamanan anak-anak ini, seperti layaknya kami menjaga anak-anak kami sendiri di rumah,” terang Sudarni Adi tentang PAUD Posdaya Soka.

Untuk lingkungan aman dan ramah anak, sudah memenuhi persyaratan layaknya sebuah RPTRA (Ruang Publik Terpadu Ramah Anak). Penggunaan CCTV (Closed Circuit Television) yang ditempatkan di dalam Kantor RW012 menyala selama 24 jam sangat membantu keamanan anak-anak serta umumnya keamanan wilayah RW012. Penataan tempat parkir yang mengelilingi lapangan bulu tangkis serta keadaan Jalan Al-Barokah di RW012 yang terletak jauh dari keramaian Jalan Jatayu Raya juga semakin memperkuat status aman wilayah ini untuk bermain anak-anak.

“Intinya untuk pendidikan anak, tempat bermain anak, semuanya kami pikirkan serta kami jaga di sini. Pernah tempat ini mau diubah menjadi RPTRA, tapi saya orang pertama yang menolak, karena menurut saya Posdaya itu konsep dasar RPTRA juga. Anda boleh lihat dan buktikan sendiri keadaannya. Anak-anak juga bisa bermain sepak bola dengan aman di lapangan bulu tangkis yang jauh dari jalan raya. Ini sudah tertata dengan baik. Jadi tidak perlu diubah lagi karena kami sudah memulainya sebelum ada wacana RPTRA,” jelas Ngasimun, Ketua Posdaya Soka sekaligus Ketua RW012 yang sudah sembilan tahun ini memimpin RW012. Pada 18 Desember 2016, pria asal Bantul ini terpilih kembali secara aklamasi oleh warga sebagai Ketua RT.

Penataan lingkungan di wilayah Posdaya Soka memang dirancang sejak lama untuk menjadi kawasan yang nyaman dan aman untuk ditinggali terutama bagi anak-anak. Letak kantor RW012 yang jauh dari jalan raya ditambah dibangunnya Kebun Bergizi, jarak aman antara jalan raya dengan kawasan bermain menjadi semakin jelas. Hal ini semakin mendukung bagaimana kawasan Posdaya Soka berusaha meneguhkan diri sebagai kawasan yang aman dan ramah anak. Bentuk jalan masuk menuju kantor RW012 yang besar untuk dilewati mobil di ujungnya, lalu menyempit saat ke dalam sehingga hanya kendaraan roda dua yang bisa melanjutkan perjalanan ke dalam. Karena itu pula ditata tempat parkir yang aman di sekitar kantor RW012.

Ada sinergi pemberdayaan aspek lingkungan dan pendidikan melalui pembentukan kawasan Ruang Ramah Anak di Posdaya Soka melalui keadaan dan penataan lingkungan dan kehadiran PAUD Posdaya SOKA. Berikut dokumentasi Cendana News tentang keadaan wilayah kerja Posdaya Soka sebagai kawasan Ramah Anak.

Jurnalis: Miechell Koagouw / Editor: Satmoko / Foto: Miechell Koagouw

Kegiatan PAUD di Posdaya Soka Senin-Jumat.
Penggunaan Alat Permainan Edukatif di PAUD Posdaya Soka.
Anak-anak yang sedang bermain menerima sapaan Cendana News.
Anak-anak menikmati bermain sepak bola di lapangan Kantor
RW012 Posdaya Soka.
Anak-anak usia dini yang bermain dengan aman di wilayah Posdaya Soka.

Lihat juga...