Puluhan Anak TK dan SD Ikuti Festival Tahfizhul Qur’an di Malang

SABTU 31 DESEMBER 2016
MALANG — Puluhan anak-anak dari tingkat Taman Kanak-kanak (TK) hingga Sekolah Dasar (SD) se-Jawa Timur, Sabtu pagi terlihat mengikuti Festival Tahfizhul Qur’an yang diselenggarakan oleh Sekolah Dasar Islam (SDI) Khoiru Ummah di Aula Skodam. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka kepedulian mereka terhadap umat muslim yang ada di Aleppo Suriah.
Susana lomba Tahfiz Qur’an
“Jadi bagi peserta yang ingin ikut dalam lomba Tahfiz Qur’an ini dipersilahkan memberikan infaq seikhlasnya sebagai pengganti uang pendaftaran. Nantinya infaq dari para peserta tersebut seluruhnya disumbangkan kepada umat Muslim di Alleppo,” jelas Ketua Yayasan Khoiru Ummah, Zulkifli kepada Cendana News, Sabtu (31/12/2016).
Lebih lanjut ia mengatakan bahwa kegiatan tersebut di dukung dan dibiayai seluruhnya oleh Baitul Mall Abdurohman Bin Auf sebagai lembaga yang bergerak di bidang zakat, infaq dan shodaqah.
“Jadi nanti semua infaq yang terkumpul akan seluruhnya akan disumbangkan ke Aleppo melalui Baitul Mall Abdurohman Bin Auf,” ungkapnya.
Sementara itu Zulkifli menyebutkan untuk lomba tahfiz dibedakan menjadi dua kategori yakni untuk TK dan SD. Bagi peserta TK persyaratan harus hafal surah Al-Fatihah, An-Nas dan Al-Humazah dan surah wajibnya adalah Al-Fatihah. Sedangkan untuk peserta SD harus hafal surah An-Nas dan Al-Humazah dan surah wajibnya yaitu surah Al-Humazah.
“Jumlah peserta TK total ada 15 anak dan untuk peserta SD ada 40 anak,” terangnya.
Sementara itu, ia menyampaikan kegiatan lomba seperti tersebut sudah ketiga kalinya diselenggarakan dan tiap tahun dilaksanakan. Dengan kegiatan diharapkan masyarakat Indonesia bisa lebih peduli dengan masyarakat muslim di Aleppo.
“Selain itu, kegiatan lomba Festival Tahfizhul Qur’an juga sebagai ajang memperkenalkan sekaligus pembukaan penerimaan murid baru di SD yang berlokasi di jalan Danau Kerinci Raya F3 E21, Sawojajar, kota Malang,” pungkasnya.

Jurnalis: Agus Nurchaliq/Editor: Irvan Sjafari/Foto: Agus Nurchaliq

Lihat juga...