Realisasi Investasi di Balikpapan Hampir Rp6 Triliun

SELASA, 27 DESEMBER 2016

BALIKPAPAN — Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMP2T) Kota Balikpapan mencatat, realisasi investasi sepanjang tahun 2016 mencapai Rp 5,96 triliun, dengan kontribusi terbesar pada penanam modal asing. Realisasi tersebut melewati dari yang ditargetkan, yakni Rp5 triliun.
Kepala BPMP2T Kota Balikpapan, Elvin Junaidi
Menurut Kepala BPMP2T, Elvin Junaidi, realisasi investasi terbesar pada penanam modal asing yakni menyumbang Rp5,35 triliun atau sekitar USD$ 396.562.000 dengan 81 proyek terlaksana.
“Sektor infrastruktur paling diminati investor. Sektor itu meliputi properti yakni perumahan dan hotel. Kemudian dilanjutkan pada sektor pariwisata yang juga diminati para investor,” ucapnya setelah Jumpa pers akhir tahun, di aula Kantor Pemerintah Kota Balikpapan, Selasa (27/12/2016).
Berdasarkan data yang dihimpun dari realisasi investasi tersebut, penanam modal dalam negeri mencapai Rp71 miliar dengan 22 proyek terlaksana, dan realisasi investasi swasta nasional mencapai Rp535 miliar dengan 51 proyek terlaksana. Disusul perdagangan dan kesehatan yang juga menyumbang dalam realisasi investasi.
Dari realisasi investasi tahun 2016, jumlah tenaga kerja yang terserap 29.073 orang dengan jumlah penerbitan izin prinsip sebanyak 134 dan izin lokasi sebanyak 52 lokasi.
Elvin mengatakan, minat investasi pada sektor industri juga besar, namun jumlah investasi pada sektor tersebut masih rendah apabila dibandingkan dengan sektor infrastruktur.
“Tercatat ada sekitar 31 unit usaha dalam rencana investasi pada sektor industri oleh investor swasta nasional,” sebutnya. 
Elvin menambahkan, sebagian rencana investasi yang belum terealisasi tahun ini, akan direalisasikan tahun mendatang. Dimana investor swasta nasional merencanakan sebesar Rp24 triliun dengan 134 proyek, dan baru terealisasi Rp535 miliar.
“Rencana investasi yang belum terealisasi dapat direalisasikan tahun depan. Tahun depat target pemerintah masih berkoordinasi lagi dengan Provinsi. Kalau target investor swasta sudah ada,” tutupnya.

Jurnalis : Ferry Cahyanti / Editor : ME. Bijo Dirajo / Foto : Ferry Cahyanti

Lihat juga...