Sebagian SPBU di Jalinsum Siapkan Stok Jelang Pergantian Tahun

SABTU 31 DESEMBER 2016

LAMPUNG—Sebagian besar stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di sepanjang Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) di wilayah Lampung Selatan mempersiapkan stok bahan bakar minyak (BBM) menjelang malam pergantian tahun 2016 ke tahun 2017. Menurut Azhari, salah satu petugas pengelola SPBU COCO 21.102.02 Desa Kekiling Kecamatan Penengahan di Jalan Lintas Sumatera peningkatan volume konsumsi bahan bakar minyak (BBM) berbagai jenis baik bersunsidi maupun non subsidi diprediksi akan meningkat. 

SPBU di sepanjang Jalan Lintas Sumatera siapkan stok antisipasi banyaknya kendaraan yang akan digunakan pengendara merayakan malam tahun baru
Permintaan pada bahan bakar subsidi diantaranya premium bahkan akan meningkat signifikan saat malam pergantian tahun baru demikian juga dengan BBM non subsidi oleh para konsumen pengguna kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat.Ia mengungkapkan peningkatan penggunaan BBM diprediksi akan meningkat sekitar 10 hingga 20 persen dibandingkan hari biasa. 
Sebagai langkah antisipasi SPBU yang ada di tepi Jalan Lintas Sumatera tersebut bahkan telah menyiapkan stok bahan bakar yang cukup saat malam tahun baru bahkan saat tahun baru. Beberapa dispenser pun telah disiapkan dan petugas yang mengatur antrian dikerahkan untuk menghindari antrian pembeli yang akan membeli bahan bakar minyak. 
Salah satu faktor tingginya permintaan di antaranya sejumlah tempat wisata di Lampung Selatan berjarak saling berdekatan, seperti Pantai Merak Belantung, pesisir pantai Kalianda, Menara Siger dan sejumlah titik yang akan dikunjungi masyarakat untuk menghabiskan akhir tahun dan SPBU tersebut berada di jalur perlintasan.

Ia menegaskan stok BBM di SPBU tersebut sejak Natal bahkan terbilang aman dan dapat diantisipasi karena wilayah Lampung Selatan menjadi jalur perlintasan. Saat stok BBM belum habis ia menegaskan sudah melakukan kontak dengan depo Panjang sehingga langsung dikirim dari depo Pertamina Panjang untuk stok lanjutan.

“Tidak pernah sampai habis bahkan saat angkutan arus mudik Idul Fitri lalu selalu terpenuhi nyaris tanpa pernah kekurangan hanya saja permintaan yang banyak rata rata berakibat antrian panjang di sejumlah dispenser,” ungkapnya saat dikonfirmasi Cendana News, Sabtu sore (31/12/2016).

Ia bahkan mengungkapkan antrian pada pembelian premium yang panjang mulai terjadi sejak sore dan sebagian masyarakat yang malas mengantri pada pembelian premium sebagian memutuskan membeli pertalite meski dengan selisih harga lebih tinggi. Ia memastikan sudah melakukan antisipasi sehingga masyarakat tak perlu kuatir dan bahkan penambahan pasokan BBM tetap normal seperti pada hari biasa. Pada hari normal SPBU milik Pertamina tersebut bahkan melakukan persiapan dengan stok sebanyak 23 KL setiap hari dan saat volume permintaan meningkat akan ditambah sesuai kebutuhan.

Menurutnya adanya kenaikan konsumsi BBM pada saat malam pergantian tahun dan saat tahun baru merupakan hal yang wajar karena liburan membuat sebagian masyarakat melakukan aktivitas dengan kendaraan baik roda dua maupun roda empat. Kenaikan permintaan tersebut diakuinya sudah terjadi sejak lima hari menjelang Natal dan Tahun Baru.

Kenaikan volume permintaan tersebut juga diakui Ig.Nugroho selaku manager SPBU 24.355.85 Bakauheni yang terletak di bawah Menara Siger. Ia menegaskan peningkatan permintaan sudah terjadi sejak liburan Natal lalu dan lebih meningkat dibandingkan hari normal. Antisipasi hal tersebut SPBU yang terletak di ujung Selatan Pulau Sumatera tersebut selalu mengusahakan stok yang cukup karena merupakan SPBU paling awal yang dijumpai pengendara kendaraan roda dua dan roda empat sesaat setelah turun dari kapal dan SPBU terakhir saat akan meninggalkan Lampung dan Pulau Sumatera.

“Kita selalu mengusahakan stok selalu cukup dengan menambah permintaan kiriman dari depot apalagi ini merupakan SPBU yang berada di perlintasan Jalan Lintas Timur dan Jalan Lintas Sumatera,”ungkap Ig. Nugroho.

Ia juga mengungkapkan permintaan tersebut terjadi dibanding hari normal diantaranya jenis pertalite yang saat hari normal dikirim sebanyak 8 KL (kilo liter) setiap 2 hari sekali peningkatan terjadi saat akhir tahun. Liburan akhir tahun SPBU tersebut bahkan mencatat terjadi peningkatan permintaan menjadi 16 KL setiap dua hari sekali.

Jurnalis: Henk Widi/Editor: Irvan Sjafari/Foto: Henk Widi

Lihat juga...