Sejuknya Aik Nyet dan Wisata Alam Hutan Sesaot di Pulau Lombok

SABTU, 31 DESEMBER 2016

LOMBOK — Salah satu objek wisata favorit dan banyak menjadi tujuan wisata di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), adalah Wisata Aik Nyet (air dingin) Hutan Sesaot, Desa Sesaot, Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat. Keindahan Wisata Aik Nyet serta pesona panorama alam Hutan Sesaot menjadi alasan tersendiri dari sebagian besar wisatawan untuk menghabiskan liburan panjang dan ahir pekan bersama keluarga.
Wisata Aik Nyet di Lombok
Memasuki kawasan Wisata Aik Nyet Hutan Sesaot, hawa sejuk, dengan pemandangan aliran sungai kebiruan yang mengalir dan keluar dari balik ribuan akar pohon besar yang terdapat di kawasan hutan Sesaot akan memanjakan tubuh dan pikiran setiap wisawatan yang datang. 
Hutan Sesaot sendiri merupakan kawasan hutan lindung yang ditumbuhi ribuan pepohonan lebat dan besar yang dikelilingi aliran sungai yang di dalamnya dipenuhi bebatuan besar. Sepanjang waktu, sungai itu pun tak pernah mengalami kekeringan, meski di musim kemarau sekalipun.
Aliran Sungai Sesaot banyak dijadikan wisata pemandian oleh masyarakat maupun wisatawan yang datang berlibur, termasuk kolam pemandian yang terdapat di bagian hilir sungai. Selain itu, salah-satu kelebihan objek wisata kawasan Hutan Sesaot, selain bisa menikmati objek wisata Aik Nyet, wisatawan juga bisa berwisata alam mengelilingi kawasan hutan dengan ribuan pepohonan besar dan lebat yang tumbuh di sepanjang kiri kanan jalan setapak, berjejer rapi menyerupai barisan.
Kawasan Hutan Lindung Sesaot.
Kawasan hutan lindung Sesaot juga seringkali dijadikan lokasi perkemahan bagi kelompok pecinta alam, maupun anak-anak pramuka dari sejumlah sekolah di NTB.
Sebagaimana kawasan objek wisata lain di Pulau Lombok, objek wisata Aik Nyet dan wisata alam Sesaot juga akan ramai saat libur panjang atau liburan ahir pekan, baik oleh warga masyarakat NTB maupun wisatawan.
Nah, bagi wisawatan yang mungkin tahun ini memilih liburan dan merayakan tahun baru di Lombok, tidak sempurna rasanya jika tidak mengunjungi objek wisata Aik Nyet dan wisata alam Hutan Sesaot.
Untuk bisa sampai Objek Wisata Aik Nyet dan Hutan Sesaot, dari Kota Mataram bisa menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat sewaan dengan waktu perjalanan 1 jam dengan jarak tempuh kurang lebih 25 kilometer, melalui dua alternatif, yakni, Jalur Utara Lingsar atau Jalur Selatan Narmada dengan membayar tiket masuk sebesar Rp. 3.000.

Jurnalis : Turmuzi / Editor : Koko Triarko / Foto : Turmuzi

Lihat juga...