Selayang Pandang Posdaya Soka Jakarta Selatan

KAMIS 29 DESEMBER 2016

JAKARTA—Jejak Pemberdayaan Yayasan Damandiri—Posdaya (Pos Pemberdayaan Keluarga) Soka yang berkedudukan di Jatayu Raya Kampung Duku, Jalan Al-Barokah, RW012 Kelurahan Kebayoran Lama Selatan, Kecamatan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan adalah bagian dari program pemberdayaan masyarakat Yayasan Damandiri dalam Program Tabur Puja (Tabungan Kredit Pundi Sejahtera) di bawah binaan Koperasi Sudara Indra sejak 2012.

 Posdaya Soka.
Sebelum dipercaya menyelenggarakan Program Tabur Puja dari Yayasan Damandiri, Posdaya Soka sudah memiliki nama harum di bidang pelestarian lingkungan dalam Program Lingkungan Hijau RW012. Puncaknya adalah Bank Sampah Posdaya Soka mendapatkan sertifikat level silver dalam Program Jakarta Green and Clean 2016 yang diselenggarakan oleh Yayasan Rumah Pelangi Tangerang bersama PT. Unilever Indonesia. Bersama Yayasan Damandiri, Posdaya Soka juga tidak kalah populer. Berbagai penghargaan terbaik berupa Damandiri Award diterima Posdaya Soka dalam kurun waktu dua tahun belakangan ini.

Kekuatan Posdaya Soka ada pada pemberdayaan ekonomi anggotanya atau aspek wirausaha. Bagaimana dengan tiga aspek pembangunan lainnya yakni Pendidikan, Kesehatan dan Lingkungan? Itu sudah dilakukan jauh sebelumnya.  Pergerakan Posdaya Soka membawa Program Tabur Puja berhasil merambah ke sebuah pasar tradisional setempat yang akhirnya membebaskan warga dari jerat jasa peminjaman rente berlipat yang dijalankan para rentenir selama ini.

Banyak pihak terbantu berkat Posdaya Soka dan Tabur Puja. Banyak warga pra-sejahtera terangkat dari jurang kemiskinan dan banyak pengusaha-pengusaha industri kreatif lahir di wilayah Posdaya Soka. Dari pedagang kue, keripik tempe, pabrik tempe, akar kelapa, jasa catering, penjual nasi uduk, pedagang siomay dan lain sebagainya. Pendidikan Anak Usia Dini berbentuk PAUD dan Pemberdayaan Ibu-ibu PKK dalam Program Jumantik (Jumat Pemberantasan Jentik) mencegah demam berdarah menjadi kebanggaan Posdaya Soka.

Untuk memenuhi gizi warga atau para anggotanya, Posdaya Soka memberi contoh pengadaan Kebun Bergizi yang adalah adaptasi Apotik Hidup era pemerintahan Presiden kedua RI, H.M. Soeharto. Semangat para pengurus Posdaya Soka berikut para anggota seakan tidak pernah surut karena mulai pula merambah ke aspek pembinaan Agama dengan membuka Kelas Pembelajaran Al-Quran di Masjid Al-Barokah.

Sekarang ini, banyak RW atau Rukun Warga lain di sekitar Kelurahan Kebayoran Lama Selatan, Kecamatan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan yang menunggu giliran bergabung bersama Yayasan Damandiri. Mereka  melihat bagaimana Posdaya Soka berkembang pesat dan menjadi tumpuan warga sekitarnya. Maju terus Posdaya Soka dan walau masih terlalu pagi, layak diucapkan selamat datang bagi Posdaya lainnya di wilayah Kebayoran Lama Selatan ke Program Pemberdayaan Yayasan Damandiri.

Sistem penanaman aquaponic dan hidroponik di Kebun Bergizi Posdaya Soka.
Orang Jakarta bilang : nih die komandannye Posdaya Soka, Pak Ngasimun.
Bank Sampah Posdaya Soka.
Salah satu dari sekian usaha yang lahir oleh Tabur Puja di Posdaya Soka.
Tanaman Kebun Bergizi Posdaya Soka yang Segar
Jurnalis: Miechell Koagouw/Editor: Irvan Sjafari/Foto: Miechell Koagouw

Lihat juga...