TPDI NTT: Pihak Kepolisian Harus Berani Tersangkakan Habib Rizieq

SELASA, 27 DESEMBER 2016

MAUMERE  —  Tim Pembela Demokrasi Indonesia (TPDI) wilayah NTT sangat mengharapkan agar instansi Kepolisian RI segera melakukan proses penyelidikan dan penyidikan terhadap Habib Rizieq Shihab dan pihak Kepolisian jangan segan-segan untuk tersangkakan pentolan Front Pembela Islam itu bilamana bukti-buktinya sudah mencukupi.

Koordinator Tim Pembela Demokrasi Indonesia (TPDI) NTT, Meridian Dewanta Dado, SH.

Demikian pernyataan Koordinator Tim Pembela Demokrasi Indonesia (TPDI) wilayah NTT, Meridian Dewanta Dado, SH, dalam rilis yang diterima Cendana News, Selasa (27/12/2016).

Dikatakan Meridian, laporan pidana oleh pihak Pengurus Pusat Perhimpunan Mahasiswa Katholik Republik Indonesia (PP PMKRI) terhadap Habib Rizieq Shihab cs di Polda Metro Jaya terkait dugaan penistaan terhadap agama Kristiani yang dilakukan dalam suatu acara ceramah di Pondok Kelapa pada 25 Desember 2016 lalu, haruslah disebut sebagai suatu langkah penegakan hukum yang kredibel, bermartabat.

“Laporan ini patut diapresiasi setinggi-tingginya oleh seluruh umat Kristiani pada khususnya maupun seluruh umat beriman yang menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi dan keberagamaan pada umumnya,” sebutnya.

Laporan pidana terhadap Habib Rizieq Shihab cs yang dimotori oleh Angelo Wake Kako selaku Ketua Presidium PP PMKRI tersebut, kata Meridian, sesungguhnya akan tercatat dalam cakrawala sejarah penegakan hukum di negeri ini. Selain itu, lanjutnya, apakah institusi Kepolisian RI sanggup dan berani bekerja secara profesional tanpa tekanan dari siapa pun untuk segera menyelidiki dan menggelar proses penyidikan terhadap Habib Rizieq Shihab cs?

“Apakah kelak institusi yang dinahkodai Jenderal Tito Karnavian itu bisa berjibaku bersama instansi Kejaksaan dan pengadilan guna memposisikan bahwa siapa pun pihak yang melakukan penistaan terhadap agama haruslah dipidanakan berdasarkan bukti-bukti hukum yang valid tanpa adanya multitafsir,” terangnya.

Meridian mengakui sangat meyakini seluruh umat beriman di negeri ini yang menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi dan saling menghargai perbedaan pastilah mengutuk keras tindak-tanduk Habib Rizieq Shihab yang telah secara seenaknya berkoar-koar mendiskreditkan agama lain.

Jurnalis: Ebed de Rosary / Editor: Satmoko / Foto: Ebed de Rosary

Lihat juga...