Ukur Perhatian Pemerintah, Tunanetra Jabar Ikuti Reli Tongkat

RABU 7 DESEMBER 2016

BANDUNG-Panti Sosial Bina Netra (PSBN) Wyata Guna Kota Bandung melaksanakan Reli Tongkat, dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasonal (HDI) 2016. Sekitar 355 penyandang tunanetra dari Provinsi Jawa Barat ambil bagian dalam kegiatan ini, Rabu (7/12/2016).
Suasana reli tongkat.
Para peserta dilepas dari Jalan Pajajaran lantas melintasi beberapa ruas jalan di Kota Bandung lainnya. Seperti, Jalan Abdul Rivai, Jalan Cihampelas, Jalan Prof Eyckman, Jalan Cipaganti, Jalan Dr Slamet, Jalan Bosca, Jalan Makmur dan finis kembali di Jalan Padjajaran.
Humas PSBN Wyata Guna, Suhendar mengatakan kegiatan ini sebagai sarana untuk mengukur sejauh mana perhatian dari pemerintah daerah maupun pusat. Apakah sesuai amanat UU No.8 Tahun 2016 tentang penyandang disabilitas.
“Khususnya di bidang penyediaan lapangan kerja dan aksesibilitas jalan dan trotoar,” ujar Suhendar.
Pihaknya mengklaim, aksebilitas jalan dan trotoar di Kota Bandung boleh dibilang tidak ramah untuk pada disabilitas. Disampaikan, hal ini merupakan salah satu bukti diskriminasi.
“Pembuatan jalan dan trotoar yang sudah dibuat selama ini masih belum layak dan hanya pencitraan semata. Sebagai contoh adalah jalan Pajajaran,” tuturnya.
Begitu pula soal kesempatan kerja bagi disabilitas. Dia menilai, kaum berkebutuhan khusus seolah dijadikan anak tiri semata dalam mendapatkan kesempatan kerja.
“Pemerintah nyatanya perlu membuka mata lebar-lebar karena telah gagal menyampaikan dan menjalankan amanat Undang-Undang yang telah dibuat,” katanya.
Selain itu, pihaknya mendesak pemerintah untuk segera membentuk Komisi Nasional Difabel Indonesia (KNDI). Nantinya, komisi ini harus diisi oleh para penyandang disabilitas yang dilibatkan aktif dalam pembentukan dan pengelolaan.
“Yang akan mengerti dan memahami keadaan disabilitas adalah para disabilitasnya itu sendiri, maka dari itu keterlibatan disabilitas-lah yang paling dibutuhkan untuk mengelola langsung Komisi Nasional Difabel (KNDI),” kata dia.
Diketahui HDI sendiri diperingati setiap 3 Desember.
Jurnalis: Rianto Nudiansyah/Editor: Irvan Sjafari/Foto: Rianto Nudiansyah
Lihat juga...