ULP Lombok Timur Diharapkan Dekatkan Pelayanan Masyarakat

RABU 28 DESEMBER 2016

LOMBOK TIMUR—Pembukaan Unit Layanan Paspor (ULP) oleh Kantor Imigrasi Kelas I Mataram di Kabupaten Lombok Timur (Lotim), Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) diharapkan bisa semakin mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya masyarakat Kabupaten Lombok Timur.
Wakil Bupati, Kabupaten Lombok Timur, Khaerul Warisin.
Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Lombok Timur, Haerul Warisin di acara Soft Launching ULP Lotim di Kota Selong Lombok Timur, Rabu (28/12/2016).
“Kebutuhan masyarakat Lotim akan pembuatan paspor sangat tinggi, terutama masyarakat yang hendak bekerja sebagai TKI ke luar negeri, untuk itu, keberadaan ULP diharapkan bisa semakin memuudahkan dan mendekatkan layanan terhadap masyarakat,” kata Khaerul.
Mengingat pelayanan pembuatan paspor selama ini untuk Pulau Lombok hanya terdapat di Mataram yang melayani ratusan ribu masyarakat dari seluruh Kabupaten/Kota yang hendak membuat paspor.
Sementara jarak tempuh kantor Imigrasi Kelas I Mataram dari Lombok Timur cukup jauh, yaitu mencapai 40 sampai 50 kilometer, sehingga jelas akan menyulitkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan, khususnya masyarakat yang hendak menjadi TKI yang jumlahnya mencapai ribuan.
“Sudah jarak tempuh jauh, belum lagi antrian panjang dari masyarakat yang hendak membuat paspor sudah biasa terjadi di kantor imigrasi, sehingga jelas merugikan masyarakat dari segi biaya dan waktu” ungkapnya.
Ditambahkan, dengan keberadaan ULP Lombok Timur, masyarakat tidak perlu lagi harus ke Mataram untuk membuat paspor, dari sisi waktu dan biaya juga bisa lebih hemat.
Jurnalis: Turmuzi/Editor: Irvan Sjafari/Foto: Turmuzi
Lihat juga...