Uniknya Zebra Cross di Kota Bandung

SELASA, 27 DESEMBER 2016

BANDUNG — Tempat penyeberangan jalan bagi pejalan kaki alias zebra cross di Kota Bandung dibuat unik. Salah satunya tampak pada zebra cross di persimpangan Jalan Merdeka-Jalan Aceh. Jika bisanya zebra cross bercorak garis-garis hitam dan putih, di persimpangan ini diubah layaknya papan permainan ular tangga.

Desain ular tangga zebra cross di persimpangan Jalan Merdeka, Kota Bandung.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung, Didi Ruswandi, menyampaikan, desain unik zebra cross ini guna mendisiplinkan masyarakat ketika berkendara maupun kala hendak menyeberang.

“Ini upaya kita untuk mencari daya tarik, agar masyarakat mau menyeberang pada tempatnya. Selain itu pengguna jalan juga diharapkan bisa tertib dan tidak melanggar,” ujar Didi di Balai Kota Bandug, Jalan Wastu Kencana, Selasa (27/12/2016).

Saat ini baru tujuh titik jalan di Kota Kembang yang memilki desain zebra cross unik. Selain di kawasan Merdeka, juga terdapat di persimpangan Wastukencana, Jalan Braga, Jalan Naripan, Jalan Tamblong, Jalan Aceh dan Balai Kota.

Disampaikan Didi, desainnya pun beda satu sama lainnya, di mana ada gambar angklung, suling dan kotak permainan khas Sunda sonlah.

Dikatakan, saat ini, pihaknya belum bisa memastikan apakah seluruh zebra cross di Kota Bandung akan dibuat unik. Untuk mengetahui dampaknya, imbuh Didi, akan menggandeng Institut Teknologi Bandung (ITB) guna melakukan riset.

“Kita tunggu hasil riset. Kalau berdampak meningkatnya kepada peminat penyeberang jalan, kemungkinan akselerasinya bisa cepat,” pungkasnya.

Jurnalis: Rianto Nudiansyah / Editor: Satmoko / Foto: Rianto Nudiansyah

Lihat juga...