hut

Keselamatan Transportasi Udara, Prioritas Bandara Rendani Manokwari

RABU, 4 JANUARI 2017

MANOKWARI — Untuk mengantisipasi kecelakan transportasi udara, Bandara Rendani Manokwari memperketat pengawasan terhadap sejumlah pilot, co pilot, pramugari serta kru maskapai untuk tidak mengonsumsi minuman keras (miras) dan obat terlarang. Petugas Bandara Rendani Manokwari akan mengambil sikap tegas jika menemukan atau mendapati ada kru pesawat dari pihak maskapai penerbangan kepergok sedang maupun usai mengonsumsi miras maupun obat terlarang lainnya. Apalagi sedang menjalankan tugas di atas pesawat serta menjalankan tugas sebagai kru maskapai di Bandara Rendani.

Kepala Bandara Rendani Manokwari, Wahyu Anwar.

Kepala Bandara Rendani Manokwari, Wahyu Anwar, ketika ditemui di ruangannya, Rabu (4/1/2017) menyatakan, prioritas keselamatan transportasi udara ini menyangkut keselamatan orang banyak. Dalam hal ini penumpang pesawat sehingga sejumlah kru maskapai tetap menjadi pengawasan pihak bandara.

Dijelaskan, pemeriksaan pernah dilakukan tim kesehatan penerbangan dari pusat setiap kali berkunjung ke sejumlah bandara di Indonesia.  Pemeriksaan dilakukan terhadap sejumlah kru pesawat maupun kru maskapai. Tidak lupa juga tim kesehatan penerbangan melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah staf Bandara Rendani. Hal ini bertujuan mengetahui apakah staf bandara bebas dari pengaruh miras atau pun narkoba.

Pemeriksaan dilakukan tim kesehatan penerbangan ini, tidak selalu rutin, bisa dalam setahun tiga kali pemeriksaan. Namun pemeriksaan yang dilakukan tanpa diduga-duga sebelumnya. Selama ini pula, belum pernah ada kru pesawat atau kru maskapai kedapatan mengonsumsi miras maupun narkoba.

“Pernah, salah satu pilot Warga Negara Asing (WNA) menolak untuk diperiksa sehingga pihak Bandara Rendani mengambil sikap melaporkan pilot tersebut ke Dirjen Perhubungan Udara,” papar Wahyu Anwar. Selain itu, BNN Papua Barat, pernah juga melakukan pemeriksaan, berupa tes urine terhadap sejumlah kru pesawat maupun kru maskapai, serta sejumlah petugas bandara. Kegiatan yang dilakukan BNN juga bersifat rahasia dan tiba-tiba, serupa sidak.

Jurnalis: Takdir / Editor: Satmoko / Foto: Takdir  
   

   
      

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!