hut

Menghabiskan Libur Akhir Pekan di Pantai Teluk Awang Lombok Selatan

LOMBOK — Teluk Awang merupakan satu dari sekian banyak kawasan pantai bagian selatan Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang menyimpan potensi keindahan alam cukup mengagumkan dan belum banyak terekspos dan diketahui wisatawan.

Lokasi yang jauh dari di kawasan selatan Pulau Lombok, serta kurangnya promosi menjadi salah satu penyebab pantai teluk Awang belum banyak diketahui wisatawan, terutama wisatawan mancanegara.

Menginjakkan kaki di kawasan pantai Teluk Awang, susana kedamaian dan ketenangan akan bisa dirasakan dengan menikmati deburan gelombang air laut di pinggiran pantai dengan air warna air laut berwarna kebiruan dan masih sangat alami.

Disamping warna air laut kebiruan, sepanjang pantai juga dihiasi pasir putih dengan gelombang air laut lebih tenang, sehingga bagi wisatawan yang ingin mandi air laut sangat cocok, karena merupakan teluk.

Lebih menarik lagi, kawasan pantai teluk Awang dikelilingi perbukitan hijau serta jauh dari permukiman warga, sehingga sangat cocok dijadikan sebagai tempat menghilangkan kepenatan dan liburan akhir pekan.

Presiden Jokowi pun saat peringatan Hari Pers Nasional (HPN) beberapa waktu lalu menyampaikan kekagumannya dengan keindahan Teluk Awang, pantai Ann dan sejumlah pantai lain di kawasan selatan Pulau Lombok yang masuk Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan berjanji akan mempercepat proses pembangunan kawasan Mandalika Resort.

Bagi anda yang hobi memancing, Teluk Awang juga sangat cocok dijadikan sebagai lokasi memancing, pada hari libur, selan warga wisatawan yang datang belibur juga banyak memanfaatkan liburan dengaan ikut memancing bersama nelayan, dengan ikut mengelilingi teluk menggunakan perahu nelayan.

Untuk bisa menjangkau pantai Teluk Awang, dari Lombok Internasional Airpot (LIA) atau Kota Mataram menuju kawasan Teluk Awang bisa menggunakan kendaraan roda dua dan empat, dengan jarak tempuh sekitar satu jam perjalanan dari LIA dan dua jam perjalanan dari Mataram, dengan rute perjalanan Mataram – Bypass BIL – Sengkol – Kuta – Desa Mertak – Awang – Teluk Awang.

JURNALIS : TURMUZI / EDITOR : ME. BIJO DIRAJO / FOTO :TURMUZI

Lihat juga...