hut

PON 2020, FORMI Papua Siapkan Olahraga Tradisional

SENIN, 30 JANUARI 2017

JAYAPURA — Federasi Olahraga Masyarakat Indonesia (FORMI) Provinsi Papua, tengah mempersiapkan olahraga tradisional yang dimiliki setiap Kabupaten maupun Kota di wilayah Provinsi Papua, guna mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 di Papua.

Sekretaris FORMI Papua, Demi F. Heipon

Sekretaris FORMI Papua, Demi F. Heipon, mengatakan, di tahun ini Ketua FORMI Papua, T.E.A. Hery Dosinaen, yang juga menjabat sebagai Sekretaris Daerah Provinsi Papua, telah dilantik dan pihaknya tengah bersiap menghadapi PON 2020 di Papua. “Olahraga ini membicarakan olahraga masyarakat, yang selama ini mereka tekuni melalui tradisional maupun sanggar-sanggar,” kata Demi F.Heipon, kepada Cendana News, Senin (30/01/2017).

Menurutnya, terdapat dua kategori olahraga di FORMI, yakni rekreasi dan olahraga tantangan, seperti outbond, skateboard, sepeda alam dan lainnya. “Jadi, olahraga masyarakat itu menunjang olahraga prestasi. Seperti panjat tebing, yang tadinya olahraga masyarakat, tapi kini menjadi olahraga prestasi,” tuturnya.

Selain olahraga tantangan, lanjut Demi, terdapat juga olahraga rekreasi tradisional seperti permainan kayu gatrik, lempar batu, engrang dan olahraga menyelam (dalam bahasa sehari-hari di Papua disebut molo –red), dan kebiasaan mencari kerang juga bisa menjadi olahraga yang unik dari beberapa olahraga tradisonal lainnya yang ada di Kabupaten dan Kota se-Papua. “Kalau panahan tradisional, mereka lapor ke FORMI. Nantinya kami akan masukkan juga. Nah, ada juga senam SKJ, Sajojo itu semua masuk di bawah FORMI,” ujarnya.

FORMI Papua sendiri sejak 2012-2016, telah menorehkan 12 prestasi di tingkat nasional dari 32 cabang olahraga yang diikuti. FORMI ini muncul untuk memunculkan dan mengangkat budaya dan seni melalui permainan-permainan tradisional yang ada di Papua, sekaligus dijadikan sebagai daya tarik bagi wisatawan dan juga masuk dalam FORMI.

Untuk Papua sendiri, Kantor Cabang FORMI terdapat di enam kabupaten, yakni Jayapura, Biak, Nabire, Yapen, Timika dan Dogiyai, yang kesemuanya itu di bawah pengawasan FORMI Papua. Ke depan, FORMI Papua juga akan membuka cabang di Kabupaten Keerom dan Kota Jayapura.

Jurnalis: Indrayadi T Hatta/ Editor: Koko Triarko/ Foto: Indrayadi T Hatta

Lihat juga...