hut

Taman Kota 1 Jadi Alternatif Wisata di Tengah Kota Tangsel

SABTU, 28 JANUARI 2017

TANGERANG — Di tengah minimnya Ruang Terbuka Hijau, Taman Kota 1 di kawasan Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang Selatan, menjadi salah-satu tempat rekreasi murah bagi masyarakat setempat, khususnya warga dari daerah Serpong. Dengan areal yang luas dan fasilitas bermain anak serta olahraga, Taman Kota 1 menjadi tempat wisata keluarga yang cukup nyaman, murah dan menyenangkan.

Area Taman Kota 1 BSD Tangerang Selatan 

Taman Kota 1 BSD berada di Jalan Letnan Sutopo, BSD City, Serpong, Kecamatan Tangerang, Banten. Merupakan salah-satu fasilitas publik perkotaan di Tangerang Selatan,  yang diperuntukkan bagi siapa pun untuk berekreasi dan berolahraga. Taman seluas 2,5 Hektar yang ada sejak 2004 itu sedemikian meneduhkan, dengan sekitar 2.000 lebih pohon besar terdiri dari 60 jenis.

Suasana sejuk dan rimbun, dengan fasilitas olahraga dan bermain anak-anak, membuat Taman Kota 1 menjadi alternatif bagi masyarakat sekitar untuk bersantai dan bermain bersama keluarga maupun teman. Tak hanya kesejukan dan keindahan pepohanan, Taman Kota 1 BSD juga dilengkapi jaringan internet yang bisa diakes gratis.

Gerbang Taman Kota 1. Insert: Rodiah dan Sani, petugas kebersihan.

Eni, salah seorang pengunjung, mengatakan, ia bersama suami dan anak-anak sengaja datang ke Taman Kota untuk bersantai, bermain dan berolahraga. “Biasanya, suami saya berolahraga karena ada beberapa alat untuk olahraga yang disediakan di taman ini. Atau hanya sekedar lari pagi saja. Kalau anak-anak lebih senang bermain. Saat akhir pekan, pengunjung yang datang sangat ramai. Meski berada di Tangerang, tetapi terasa berada di Bogor, karena suasananya adem,” ujarnya, saat ditemui pekan ini.

Taman Kota 1 yang semula dikelola oleh BSD, kini telah menjadi milik Pemerintah Kota Tangerang Selatan. Namun demikian, hingga kini belum ada kejelasan terkait instansi pengelola yang bertangggung-jawab. Sementara ini, bahkan pengelolaan kebersihan lingkungan dilakukan berdasarkan iuran dari para pedagang yang berjualan di sekitar area taman tersebut.

“Kami di sini bertugas membersihkan sampah yang ada di sekitar taman, dengan upah dua puluh ribu rupiah sehari. Yang menggaji kami bukan dari Pemko, namun dari pemilik warung yang ada di sini, karena kira-kira sejak akhir tahun kemarin belum ada kejelasan mengenai pengelolaannya” ungkap Rodiah, salah-satu petugas Kebersihan Taman Kota 1.

Berlibur dan bersantai di Taman Kota 1 BSD, tak dipungut biaya. Pengunjung hanya perlu membayar parkir sebesar Rp. 2.000. Untuk menuju ke taman ini pun tidak sulit. Dari jalan Raya Serpong, ambil arah menuju BSD. Setiba di depan BSD Junction, ambil jalur kiri menuju Tol Bintaro, Pondok Indah. Taman Kota 1 BSD berada di sebelah kanan jalan, persis berseberangan dengan Komplek Taman Giri Loka. Ada papan petunjuk di depan kawasan Taman Kota 1 BSD itu.

Jurnalis : Lya Septiarini / Editor : Koko Triarko / Foto : Lya Septiarini

Lihat juga...