hut

Tempat Rekreasi Waisamba, Satu-satunya di Keerom, Papua

SABTU, 28 JANUARI 2017

KEEROM — Ribuan suara gemercik air terdengar di telinga kala masuk ke taman wisata Waisamba satu-satunya di Distrik Skanto Kabupaten Keerom, Papua.  Mata akan tertuju ke kolam renang YeWe yang airnya langsung dari mata air gunung Gudang Garam distrik setempat.

Suasana kolam renang YeWe di lokasi Taman Wisata Waisamba, Keerom

Biaya untuk menikmati sejuknya air dikolam tersebut, managemen menawarkan tiket bervariasi. Anak-anak dikenakan harga tiket sebesar 10 ribu rupiah dan dewasa  20 ribu rupiah.

Apabila membawa kendaraan roda empat, harus membayar parkir sebesar lima ribu rupiah per unitnya dan untuk roda dua dikenakan biaya sebesar dua ribu rupiah.

Selain itu, terdapat fasilitas pondok istirahat disetiap sisi kolam renang dan juga penyewaan pelampung serta aula serba guna, yang biaya sewanya dapat dijangkau kalangan menengah kebawah.

Hadirnya tempat rekreasi tersebut, menjadi tempat angin segar bagi warga sekitar. Untuk menikmati liburan bersama keluarga tidak harus lagi ke luar daerah.

Salah satu warga Arso IV, Distrik Skanto, Kabupaten Keerom, Nining menyebutkan, biasanya dalam sebulan sekali, ia membawa anak-anak mandi di pantai Holtekamp (Muara Tami, Kota Jayapura).

“Sekarang sudah jarang kesana. Karena sudah ada kolam renang disini, makanya saya setiap minggu bawa kesini saja,” katanya saat dijumpai Cendana News, Sabtu (28/01/2017).

Taman Wisata Waisamba, Keerom, Papua

Hal senada juga diungkapkan Endro saat membawa keluarganya ke lokasi wisata Waisamba. Menurutnya lokasi wisata itu dapat menarik perhatian seluruh warga Keerom, lantaran baru pertama dan satu-satunya di kabupaten tersebut.

“Keluarga saya yang dari Koya Barat (Kota Jayapura) juga saya bawa kesini. Airnya sejuk dan dingin. Pengunjung makin banyak setiap minggunya. Saya warga Keerom, sejak buka seting mandi disini dengan anak-anak dan istri,” kata Endro juga warga Distrik Skanto.

Yusuf Wally, pemilik sekaligus pencetus bisnis wisata di Kabupaten Pemekaran dari Kabupaten Jayapura itu mengatakan, bisnis yang ia geluti ini dasarnya potensi wisata di Kabupaten Keerom sangat menjanjikan, khususnya tempat permandian dan pemancingan ikan.

“Potensi pengembangan menjadi kolam sangat besar, karena adanya sumber air, kedua dengan lahan yang masih luas. Dan ketiga saya yakin nilai jualnya tinggi, dimana pengunjung pasti akan mengalir kesini,”kata Yusuf Wally.

Tempat penyewaan pelampung dan lainnya di lokasi kolam renang YeWe, Taman Waisamba, Keerom, Papua

Secara geografi, menurutnya Keerom tak berada di pinggir pantai, namun berada di ketinggian. Rekreasi untuk menyenangkan keluarga banyak pilihan, dikatakannya semua tergantung pengeluaran yang telah mereka hitung untuk menyenangkan diri.

“Kalau saya kembangkan lagi, besar kemungkinan pilihan bisa jatuh ke tempat wisata ini. Buktinya saat ini tembus 600 lebih pengunjung. Ini belum lagi kalau hari minggu bisa sampai ribuan,” kata Yusuf Wally yang juga mantan Bupati Keerom periode 2011-2016
Jurnalis : Indrayadi T Hatta / Editor : ME. Bijo Dirajo / Foto : Indrayadi T Hatta

Lihat juga...