2017, Balikpapan Masuk Program Bantuan Pangan Non Tunai

109
RABU, 15 FEBRUARI 2017
 

BALIKPAPAN — Badan Urusan Logistik Divre Kalimantan Timur dan Utara (Kaltimra), tengah mempersiapkan program pemerintah, yakni Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Rencananya, untuk Kalimantan Timur, Kota Balikpapan masuk dalam program tersebut. Tahun 2017 ini, pemerintah pusat akan melaksanakan program BPNT, yakni 45 kota dan 6 kabupaten di Indonesia.

Kepala Bulog Divre Kaltimra, Yayan Suparyan.

Kepala Bulog Divre Kaltimra, Yayan Suparyan, menjelaskan, tahun ini Balikpapan masuk dalam program pemerintah BPNT tersebut. Melalui program itu, Balikpapan tidak ada lagi raskin, namun diganti dengan program BPNT.

“Balikpapan masuk program pemerintah BPNT sehingga mulai tahun ini tidak ada raskin. Tapi diganti dengan bantuan pangan non tunai,” jelasnya, Selasa (14/2/2017).

Ada pun jumlah penerima manfaat untuk Kota Balikpapan sebanyak 9.563 keluarga penerima manfaat (KPM). Data tersebut diperoleh dari pemerintah melalui Dinas Sosial.

“Nantinya, mereka yang menerima manfaat ini akan diberikan buku tabungan atau semacam kartu dengan nilai Rp 110 ribu setiap bulannya. Nilai yang diberikan itu setara dengan 10 kilogram beras dan 2 kilogram gula pasir,” sebut Yayan.

Lanjutnya, program ini nantinya bekerjasama dengan bank milik pemerintah dan Balikpapan Bank yang ditunjuk BNI dan BRI.

“Penerima manfaat dapat menukarkan kartu non tunainya dengan beras dan gula, di agen-agen atau sentra yang ditunjuk oleh bank. Bulog bertugas menyediakan pangannya, yakni beras dan gulanya,” bebernya.

Yayan mengatakan, penerima manfaat bisa mengambil beras atau gula sesuai kebutuhan di agen yang ditunjuk. Apabila penerima manfaat hanya menukarkan 5 kg beras dalam satu bulan, uang yang di kartu tidak hangus.

“Kan harapannya meringankan beban masyarakat. Jadi, kapan saja bisa ambil beras dan gula dengan menunjukkan kartu BPNT itu,” tambahnya.

Ia menambahkan, rencananya program itu akan diluncurkan pada 23 Februari mendatang oleh pemerintah. Bulog terus mempersiapkan pangan yang diberikan pada penerima manfaat.

Jurnalis: Ferry Cahyanti / Editor: Satmoko / Foto: Ferry Cahyanti

Lihat juga...

Isi komentar yuk