424 Aparat Siap Jaga 348 TPS di Papua

JUMAT, 10 FEBRUARI 2017

JAYAPURA — 424 aparat keamanan siap menjaga 348 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Pilkada Kabupaten Jayapura. Empat ratusan personil ini terdiri dari Polda Papua, Polres Jayapura, Polres Keerom, serta anggota TNI dari Yonif 751 Raider.

Suasana apel siaga Pilkada di Papua.

Kapolres Jayapura, AKBP Gustav Urbinas, mengatakan, 424 personil nantinya akan digeser untuk melakukan pengamanan ke 348 TPS yang ada di 19 distrik di Kabupaten Jayapura. Selain personil dari Polres Jayapura pihaknya juga dibantu personil Polres Keerom, Polda Papua, serta dari unsur TNI.

“Bantuan dari personil Brimob dari Jakarta sebanyak 70 orang dan dari personil TNI Yonif  751 Raider 50 orang, nanti penempatannya di Genyem dan Unurumguay,” kata AKBP Gustav Urbinas, Jumat (10/02/2017).

Rawan dua untuk 75 TPS, lanjutnya, akan diisi dua personil sedangkan sisanya hanya satu personil. Menurutnya, TPS rawan dua hampir setiap distrik ada, seperti misalnya di Sentani kota ada TPS yang berada di BTN Sosial, TPS di Pos 7.

“Kita akan tempatkan dua personil dan juga di daerah Ravinerara kita juga akan tempatkan dua personil di setiap TPS,” ujarnya.

Kapolres menambahkan, personil yang ditempatkan di setiap TPS tak dilengkapi dengan senpi, guna mengantisipasi persepsi masyarakat terhadap pengamanan yang dilakukan oleh anggota Polres Jayapura di setiap TPS.

“Tetapi nanti ada anggota pengamanan wilayah rawan yang membantu mem-backup dan mereka ini yang kita lengkapi senpi dan jumlahnya ada dua orang,” tuturnya.

Jurnalis: Indrayadi T Hatta / Editor: Satmoko / Foto: Indrayadi T Hatta

Komentar