896.781 KIP untuk Anak Yatim-Piatu se-Indonesia

RABU, 8 FEBRUARI 2017

AMBON — Program Kartu Indonesia Pintar (KIP) memberikan dana yang berbeda pada siswa sesuai dengan jenjang pendidikannya. Untuk siswa SD,  dana KIP yang akan diterima sebesar Rp 450 ribu, untuk siswa SMP sebesar Rp 750 ribu, dan untuk SMA/K sebesar Rp 1 juta. Dana ini hanya bisa digunakan untuk kebutuhan bersekolah.

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia (Menko PMK), Puan Maharani (tengah), dalam rangkaian kunjungan kerja mendampingi Presiden Joko Widodo di Kota Ambon, Provinsi Maluku, di SMPN 2 Kota Ambon.

Hal ini diungkapkan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia (Menko PMK), Puan Maharani dalam rangkaian kunjungan kerja mendampingi Presiden Joko Widodo di Kota Ambon, Provinsi Maluku di SMPN 2 Kota Ambon, Rabu (08/02/2017)
.
“Untuk siswa SD,  dana KIP yang akan diterima sebesar Rp 450 ribu, untuk siswa SMP sebesar Rp 750 ribu dan untuk SMA/K sebesar Rp1 juta,” ujar Puan dalam laporannya.

Puan melanjutkan bahwa pemerintah pada tahun 2017 ini telah menargetkan sebanyak 16,4 juta anak akan segera menerima manfaat dari KIP. Jumlah ini rencananya akan segera ditambah lagi menjadi 17,9 juta penerima manfaat KIP. Pada tahun 2016, pemerintah telah mendistribusikan sebanyak 158.933 KIP kepada anak yatim-piatu. Sementara di tahun ini, rencananya akan ada penambahan sebanyak 736.848 KIP yang akan didistribusikan. Sehingga total pendistribusian KIP untuk anak yatim-piatu se-Indonesia adalah sebanyak 896.781.

Khusus dalam kunjungan ke Kota Ambon kali ini, Puan didampingi Mendikbud membagikan sebanyak 1.265 Kartu Indonesia Pintar (KIP) kepada siswa dari tingkat SD, SMP, SMA/K, dan SLB. Penyerahan KIP secara simbolis diberikan kepada perwakilan siswa-siswi dari sekolah-sekolah di dua kecamatan di Kota Ambon, yakni Kecamatan Baguala dan Kecamatan Sirimau.

Pada kesempatan yang sama, Presiden turut memberikan 1 paket bantuan berupa notebook sebanyak 20 unit kepada SMPN 2 Kota Ambon. Presiden mengharapkan pemberian bantuan notebook ini dapat digunakan sebaik-baiknya oleh pihak sekolah untuk meningkatkan kreativitas dan kemampuan siswa di bidang teknologi.

Pemberian KIP kepada anak yatim, piatu, dan yatim-piatu ini telah berulang kali dilaksanakan secara berkelanjutan oleh Presiden dengan didampingi Menko PMK dan Mendikbud.  Beberapa waktu lalu, Presiden telah menyalurkan KIP kepada anak yatim, piatu, dan yatim-piatu di Jabodetabek, Boyolali, dan Yogyakarta.

Jurnalis: Shomad Aksara / Editor: Satmoko / Foto: Istimewa

Komentar