Akibat Angin Kencang, Pohon Tumbang Robohkan Rumah Warga

82
SENIN, 6 FEBRUARI 2017

PONOROGO — Senin (6/2/2017) siang, sekitar pukul 13.00 WIB, sebuah pohon tumbang akibat terkena angin kencang, menimpa teras rumah milik Marmun (59) di RT 01/ RW 01 Dukuh Manggis, Desa Selur, Kecamatan Ngrayun, Kabupaten Ponorogo. Pohon tumbang tersebut jenis pinus milik Perhutani dan tepat berada di lereng gunung bersebelahan dengan rumah Marmun. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun kerugian material diperkirakan mencapai Rp 10 juta.
 Kondisi rumah Marmun saat terkena pohon tumbang akibat angin kencang.
Kepala Bidang Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ponorogo, Setyo Budiyono, menjelaskan, saat ini korban tengah mengungsi di rumah saudaranya, takut terjadi bencana pohon tumbang lagi.
“Saat kejadian, pemilik tengah berada di sawah, beruntung tidak ada korban jiwa,” jelasnya kepada Cendana News.
Usai pulang dari sawah, korban bersama lima anggota keluarganya langsung melaporkan kejadian ini kepada ketua RT setempat dan diteruskan ke BPBD Ponorogo. 
“BPBD pun membagi tim untuk ke lokasi dan kaji cepat serta menyiapkan segala sesuatu yang diperlukan di lapangan,” ujarnya.
Hingga saat ini, selain anggota tim BPBD, warga bersama aparat desa serta Muspika setempat melakukan kerja bakti membersihkan ranting-ranting dan batang pohon dari rumah Marmun. 
“Tidak hanya teras, bagian rumah utama juga rusak terkena pohon tumbang,” paparnya. Pohon pinus yang tumbang ini berhasil meratakan teras rumah milik Marmun dengan tanah bahkan asbes dan tiang rumah terlihat rusak dan tidak bisa digunakan lagi. 
Kondisi genteng rumah yang hancur.
“Kami terus memantau kondisi rumah Marmun hingga benar-benar dirasa aman,” pungkasnya. 
Jurnalis: Charolin Pebrianti / Editor: Satmoko / Foto: Istimewa


Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.