banner lebaran

Alat Berat Mulai Dukung Pembangunan Jalan Tol Semarang-Batang

57
RABU 15 FEBRUARI 2017

SEMARANG—Menindaklanjuti instruksi Presiden Joko Widodo yang menginginkan Jalan Tol Semarang-Batang sudah bisa dilewati pada lebaran 2017, maka pembangunan fisiknya sudah mulai dikebut. Alat berat sudah didatangkan untuk memenuhi target.
Suasana pembangunan Jalan Tol Semarang-Batang.
Menurut Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, tahap satu pembangunan yaitu pembebasan lahan sudah selesai dilaksanakan pada akhir 2016. Penghuni yang sudah diberi kompensasi juga sudah mulai meninggalkan rumahnya, artinya pemprov sudah bisa beranjak ke tahap selanjutnya tentang pembangunan fisik, alat berat dari PT. Jasa Marga siap untuk mengeksplorasi tanah untuk dijadikan fondasi.
“Sesuai dengan kebijakan, untuk Sekolah yang terkena proyek jalan tol akan kami urus nanti karena berkaitan dengan proses kepindahan siswanya juga,” kata Ganjar.
Data yang dimiliki pemprov, di wilayah Semarang ada tiga sekolah yang nanti akan direlokasi, yaitu SD Ngaliyan 2, SD Negeri Tambakaji 3 dan SMP Negeri 16. Karena lahan yang digunakan merupakan aset dari pemkot Semarang, maka pihaknya akan terus berkoordinasi dengan mereka. 
Ganjar optimis jika pembangunan jalan tol akan berjalan sesuai dengan jadwal yang ditentukan, karena diakuinya proses yang memakan waktu lama biasanya terjadi pada saat pembebasan lahan.
“Kendala lain biasanya faktor cuaca, tetapi kita akan maksimalkan teknis supaya resiko cuaca bisa kita mimimalisir,” tandas Ganjar.
Jalan Tol Semarang-Batang sendiri merupakan bagian dari Proyek Jalan Tol Nasional yang terdiri dari lima tahap pembangunan, seksi I sepanjang 3,5 KM meliputi Batang-Batang Timur,  seksi II sepanjang 33,84 KM meliputi Batang Timur-Weleri, seksi III sepanjang 14,65 KM meliputi Weleri-Kendal, Seksi IV sepanjang 12,10 KM meliputi Kendal- Kaliwungu dan Seksi V 10,05 KM meliputi Kaliwungu-Krapyak.
Total panjang Jalan Tol Semarang-Batang adalah 74,14 KM yang dikerjakan oleh PT. Jasa Marga dan PT. Wakita Toll Road.
Jurnalis: Khusnul Imanuddin/Editor: Irvan Sjafari/Foto: Khusnul Imanuddin
Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.