Banjir di Kota Tomohon Rendam Puluhan Rumah Serta Rusak Badan Jalan

124
MINGGU, 19 FEBRUARI 2017

MANADO — Banjir yang terjadi di kota Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut), pada Minggu (19/2/2017) menyebabkan puluhan rumah warga tergenang air setinggi 10 centimeter hingga dua meter. Selain itu, banjir juga menyeret kendaraan warga yang terparkir serta merusak badan jalan.
Lokasi badan jalan yang rusak
Wakil Kepala Penerangan (Wakapendam) Kodam XIII Merdeka, Letkol Inf. Vipy A menyebutkan, akibat hujan deras pada 12.00 WITA hingga sore hari telah terjadi banjir secara-tiba di beberapa titik di wilayah Kota Tomohon, diantaranya wilayah Tomohon Selatan, Kelurahan Walian, Tumatangtang, lansot. Sementara di Kecamatan Tomohon tengah yaitu di Kelurahan Metani.
“Akibat banjir, beberapa rumah masyarakat terendam air, bahkan salah satu gereja di Kelurahan walian yaitu GMIM Bukit Saitun terendam air dan lumpur. Tiga kendaraan yang di parkir di sekitar gereja ikut terbawa arus banjir sejauh 50 meter,” Kata Vipy pada Cendana News, Minggu (19/2/2017).
Tim Koramil setempat di lokasi banjir
Vipy menyatakan, di Kelurahan Tumatangtang dan Kecamatan Tomohon Selatan ada tiga unit dapur rumah masyarakat rusak dan terbawa arus, sedangkan di Kelurahan Pangolombian Tondangou, terjadi longsor namun masih dapat dilalui oleh kendaraan roda dua.
Mobil yang terseret banjir
“Debet air mencapai 10 cm hingga dua meter, upaya tim terpadu dari Koramil, BPBD kota Tomohon, Wakil Wali Kota Tomohon dan masyarakat melakukan giat mencari titik titik yang tersumbat, sedangkan untuk korban jiwa sementara nihil dan hingga malam ini air mulai surut serta kondisi arus lalu lintas di kota Tomohon kembali normal,”katanya.

Jurnalis : Ishak Kusrant / Redaktur : ME. Bijo Dirajo / Foto : Istimewa

Baca Juga
Lihat juga...