Bentuk Pengabdian Kepada Masyarakat, ROTARI UM Adakan Servis Gratis

42

SABTU, 4 FEBRUARI 2017

MALANG — Untuk kesekian kalinya Bengkel Kreatif Rotari Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Teknik Mesin Universitas Negeri Malang (UM) mengadakan servis gratis sepeda motor tahun 2000an ke atas. Servis gratis yang digelar di sebelah gedung Sasana Budaya tersebut rencananya akan di helat selama dua hari berturut-turut yakni tanggal 4-5 Februari 2017.

Suasana servis gratis

“Target kami per harinya yakni menservis 50 sepeda motor. Jadi nanti total selama dua hari ada 100 sepeda motor yang diservis,” jelas ketua pelaksana, Teguh kepada Cendana News, Sabtu (4/2/2017).

Disebutkan, servis gratis yang mereka berikan merupakan servis ringan yang  meliputi tune up, stel rem, stel rantai dan kelistrikan motor. Sedangkan untuk servis berat seperti bogkar mesin tidak bisa dilakukan di acara tersebut.

Menurut Teguh, semua jenis sepedah motor bisa di servis gratis dalam kegiatan ini asalkan tahun mesinnya tahun 2000 ke atas, karena jika mesinnya tahun 2000 ke bawah penanganannya akan lebih sulit lagi.

“Tadi kami mulai buka regristrasi jam 08.00 WIB, tapi dua jam kemudian sekitar pukul 10.00 WIB regristrasi kami tutup karena kuota 50 sepeda motor yang diservis per harinya sudah terpenuhi,” ucapnya.

Sementara itu, Dores, Ketua Umum ROTARI mengatakan, kegiatan servis gratis tersebut merupakan salah satu program kerja rutin yang diadakan setiap tahunnya dan tahun ini adalah penyelenggaraan yang ke 24 kali.

Teguh dan Dores

Selain sebagai bentuk pengabdian terhadap masyarakat, tujuan diadakannya servis gratis adalah  untuk melatih teman-teman karena kita merupakan organisasi di bidang otomotif.

“Jadi sebelumnya kita sudah ada kegiatan pelatihan terlebih dulu. Kemudian dari pelatihan tersebut kemampuan kita mulai terlatih yang selanjutnya diaplikasikan pada pelaksanakan kegiatan servis gratis dan sekaligus mereka bisa secara langsung berinteraksi dengan konsumen agar nantinya di dunia kerja sudah biasa berhadapan dengan konsumen,” ungkapnya.

Lebih lanjut Dores mengaku bahwa dalam kegiatan servis gratis  tidak ada kerjasama atau dana dari pihak luar, sehingga kegiatan tersebut murni sepenuhnya dari ROTARI.

“Jadi untuk menggelar kegiatan ini dananya murni dari iuran para anggota dan tidak ada dana dari pihak UM maupun pihak luar lainnya,” akunya.

Selain servis gratis, kegiatan kami di ROTARI yakni ada kontes modivikasi mobil dan sepeda motor, kemudian ada acara RSC (Rotari Skiil Competition) untuk anak SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) yang biasanya diadakan pada sekitar bulan September atau Oktober.

Jurnalis : Agus Nurchaliq / Redaktur : ME. Bijo Dirajo / Foto : Agus Nurchaliq

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.