banner lebaran

BNNP Papua Sidak Urin Anggota TNI AD di Perbatasan RI-PNG

78

SENIN, 20 FEBRUARI 2017

KEEROM — Badan Narkotika Nasional Provinsi Papua, menggelar inspeksi mendadak dengan melakukan tes urin terhadap 113 Personel Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-PNG Yonif 122 Tombak Sakti di lima Pos di wilayah perbatasan RI-PNG, Senin (20/2/2017).

Tes urin di perbatasan RI-PNG

Lima pos tersebut, yakni Pos Kalan Abepura, Koya Koso, Koya Barat, di Kota Jayapura, sementara untuk Kabupaten Keerom di Skamto, Komando Utama (Kout) KM 31 Jalan Poros Abepura-Keerom. “Seratus tiga belas personel sudah kami periksa dan semuanya negatif,” jelas Konselor Bidang Rehabilitasi BNN Papua, Abdul Haris, Senin (20/2/2017).

Menurutnya, tes urin itu rutin diadakan setiap tahun di perbatasan RI-PNG, khususny di kalangan para prajurit yang menjaga perbatasan. “Ini untuk mencegah adanya anggota yang menyalah-gunakan barang terlarang seperti ganja, sabu, ekstasi, tembakau gorila,” ujarnya.

Abdul menjelaskan pula, sidak kali ini dibagi menjadi 3 tim menuju Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 122/TS. Tim pertama di Pos Wilayah Scofro, Pitewi Keerom, Tim kedua sepanjang Jalur Poros Abepura-Keerom. “Ini Tim dua dan Tim Ketiga di pos sepanjang Jalan Koya Barat menuju Skouw perbatasan RI-PNG. Alat tes urin yang kami gunakan bisa memastikan positif tidaknya narkoba dalam waktu kurang lebih tiga menit,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Komandan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 122/TS, Mayor Infanteri Afid Cahyono, mengaku sangat senang dengan dilakukannya ters urin dari BNNP yang bertujuan untuk menjaga dan mencegah anggota kami terlibat narkoba. “Kali ini, kami mengajak BNNP untuk terjun langsung memeriksa prajurit terendah hingga jajaran perwira,” tuturnya, sembari mengimbuhkan, jika sebelumnya, kegiatan serupa pernah dilakukan empat bulan lalu. Pihaknya atau Tim Kesehatan dan Staf Intelijen Yonif 122/TS melakukan tes urin gunakan alat dari Batalyon dan merupakan inisiatif dari pimpinan.

Jurnalis: Indrayadi T Hatta/ Editor: Koko Triarko/ Foto: Indrayadi T Hatta

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.