BPBD dan Tim SAR Bantu Salurkan Logistik Pilkada di Mentawai

SELASA, 14 FEBRUARI 2017

MENTAWAI — Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, bekerjasama dengan sejumlah instansi seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Tim SAR, dan aparat kepolisian, membantu mengantisipasi kemungkinan terburuk selama masa pendistribusian hingga diantarkannya kembali logistik Pilkada dari dan ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) masing-masing kecamatan.

Petugas siap menyeberangkan logistik Pilkada ke sejumlah tempat.

Ketua KPUD Mentawai, Laurensius Sarogdok mengatakan, hal tersebut dilakukan mengingat Mentawai merupakan daerah yang dikelilingi oleh laut dan sejumlah kawasannya terdiri dari beberapa pulau.

“Jika dilihat pada Pilgub tahun lalu, kita benar-benar menghadapi kendala dalam pendistribusian logistik di setiap pulau-pulau, seperti angin kencang, dan tingginya gelombang laut. Akibat cuaca itu, kami sempat molor dari jadwal pendistribusian logistik yang telah diagendakan,” ujarnya, ketika dihubungi Cendana News di Mentawai, Selasa (14/2/2017).

Belajar dari pengalaman Pilgub tersebut, KPUD Mentawai melakukan kerja sama dengan instansi kebencanaan. Ia menyebutkan, saat ini BPBD dan Tim SAR telah menyiapkan sejumlah kapal dan akan meminta bantuan kepada BNPB apabila membutuhkan helikopter.

Menurutnya, hingga H-1 menjelang hari pencoblosan tersebut, dari 228 tempat pemungutan suara (TPS) di 10 kecamatan, hanya satu kecamatan yang saat ini masih berlangsung pendistribusian logistiknya, yakni di Tua Pejat.

“Hingga saat ini, cuaca untuk di Tua Pejat masih aman-aman saja. Meski sempat turun hujan dengan intensitas ringan. Sebentar lagi, mungkin logistik Pilkada yang diantarkan itu sampai. Cuma yang saya khawatirkan untuk pas baliknya, karena ada kemungkinan gelombang laut bakal tinggi, karena biasanya siang hari angin berhembung kencang dan disertai petir,” ucap Laurensius.

Ia mengatakan, jumlah Daftar Pemilihan Tetap (DPT) di Mentawai ada berjumlah 52.436 pemilih. Diakuinya, letak geografis Mentawai memang sudah menjadi sorotan apabila berlangsung Pilkada. Pada setiap pelaksanaan Pilpres, Pilgub/Pilkada, dan Pileg, KPUD Sumatera Barat selalu mempercepat penyaluran logistik ke Mentawai, dibandingkan di daerah kabupaten/kota lainnya.

Sehari menjelang Pilkada, logistik Pilkada masih terus dibereskan.

Di Sumatera Barat, ada dua daerah yang melangsungkan Pilkada pada 2017 ini, yakni di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Jurnalis: Muhammad Noli Hendra / Editor: Satmoko / Foto: KPU Sumbar

Komentar