Branchsto, Taman Hiburan ala Coboy di Bintaro

SENIN, 30 JANUARI 2017

TANGERANG — Branchsto adalah nama sebuah tempat hiburan yang menggabungkan antara resto dengan olahraga berkuda dan memanah. Berada di Jalan Haji Rasam, Perigi Baru, Pondok Aren Bintaro, Tangerang Selatan. Taman hiburan yang berdiri di atas lahan seluas 4.000 meter persegi ini dijadikan tempat pacuan kuda dan memanah. Pengunjung bisa belajar memanah sambil berkuda di tempat tersebut.

Anak-anak belajar memanah.

“Salah-satu pendiri Branchsto adalah seorang pendakwah terkemuka di Indonesia, Abdullah Gymnastiar, atau yang lebih populer disapa Aa’ Gym. Ia terinspirasi untuk mendirikan Branchsto ini dari hobinya berkuda,” ujar salah-satu pegawai Branschsto, saat ditemui, pekan ini.

Saat berkunjung ke Branchsto ini, pengunjung akan disambut oleh para pegawai yang lengkap menggunakan atribut koboi. Suasana di Branchsto akan membawa pengunjung merasa berada di sebuah peternakan kuda. Pengunjung bisa melihat-lihat kuda yang tersedia di Branchsto, mulai dari kuda yang biasa digunakan untuk perlombaan hingga kuda poni. Kuda-kuda yang tersedia di Branchsto adalah kuda yang dikirimkan langsung dari Jerman.

Di Branchsto ini, pengunjung bisa berkeliling menaiki kuda dengan tarif sesuai jenis dan ukuran kuda. Di hari biasa atau bukan hari libur (weekdays), pengunjung dikenakan tarif Rp. 20.000 untuk menaiki kuda kecil, Rp. 40.000 untuk kuda besar, dan Rp. 40.000 untuk dua orang dengan menggunakan andong. Sedangkan di hari libur akhir pekan, (weekend) dan hari libur nasional, masing-masing tarif tersebut nak sebesar Rp. 5-10.000.

Tak hanya berkuda, di Branchsto ini pengunjung juga bisa belajar memanah. Dan, belajar memanah itu sama asyiknya dengan berkuda. Memanah juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah-satunya untuk meluruskan tulang punggung. Dengan berwisata di Branchsto, pengunjung bisa menikmati kedua jenis olahraga menyenangkan itu secara bersamaan. Tarifnya pun tergolong murah, hanya Rp. 25.000 untuk 10 anak panah.

Ilham dan Kuda Pony dari Jerman.

Ada beragam kegiatan yang disediakan di Branchsto, dan semuanya mengasyikan. Branchsto membaginya dalam bentuk kegiatan-kegiatan yang bisa dipilih langsung oleh pengunjung. Tak hanya untuk orang dewasa, melainkan anak-anak pun juga bisa menikmatinya. Ada 5 kegiatan andalan yang bisa dipilih ketika mengunjungi Branchsto ini, yaitu; Field Trip, I Love Pony, Riding Class, Trekking, dan Short Course.

I Love Pony merupakan kegiatan yang mungkin akan disenangi oleh anak-anak ketika mengunjungi Branchsto. Pasalnya, dalam kegiatan I Love Pony ini pengunjung anak-anak akan diperkenalkan dengan kuda pony dari Jerman. Namun, kuda pony tersebut tak bisa ditunggangi. Anak-anak hanya dibolehkan menyentuh, membelai dan memberinya makan. Tentu saja, dengan kuda pony itu anak-anak juga bisa berfoto bersama. Kegiatan I Love Pony ini bisa dinikmati setiap hari, mulai dari jam 11.00-15.00 WIB, dengan tarif Rp. 20.000 di hari weekdays per sesinya, dan Rp 25.000 di weekend dan hari libur nasional per sesinya. Ini merupakan tempat wisata untuk memanjakan anak-anak sekaligus mengedukasi mereka.

Jurnalis: Lya Septiarini/ Editor: Koko Triarko/ Foto: Lya Septiarini

Komentar