banner lebaran

Budidaya Ikan Louhan, Pemuda ini Hasilkan Belasan Juta Setiap Bulan

467
SELASA 7 FEBRUARI 2017
YOGYAKARTA—-Bagi sebagian orang, memelihara ikan hias mungkin merupakan sebuah hal yang sangat mengasyikkan. Tak heran banyak orang menjadikan kegiatan ini sebagai sebuah hobi di rumah. Namun ternyata, bila ditekuni dengan serius, hobi memelihara ikan hias ini ternyata bisa menjadi lahan bisnis yang sangat menjanjikan. 
Tunggul Priatama.
Salah satunya seperti dilalukan, salah seorang penghobi ikan hias Tunggul Priatama. Pemuda asal Purwokerto yang tinggal di Yogyakarta ini sejak kecil memang telah menyukai ikan hias khususnya louhan. Hingga kini, hobinya itu tak pernah pudar. Berawal dari kecintaannya pada ikan berjambul dengan corak warna-warni itulah ia memulai bisnis budidaya ikan louhan. 
Siapa sangka hanya dalam waktu cukup singkat yakni sekitar dua tahun saja, ia telah mampu mendapat penghasilan hingga 12 juta per bulan dari usaha budidayanya. Penghasilan itu ia dapatkan dari menjual bibit ikan louhan yang ia tangkarkan sendiri dari sejumlah indukan. 
“Saya baru memulai menekuni budidaya ikan louhan ini sekitar 2014 lalu. Walaupun memang sebenarnya sudah memelihara ikan louhan sejak masih SD. Namun baru serius bisnis sekitar dua tahun ini,” ujarnya kepada Cendananews belum lama ini. 
Saat ini Tunggul mengaku memiliki sedikitnya 8 pasang indukan ikan louhan untuk budidaya. Dari sejumlah indukan itu ia bisa menghasilkan ratusan burayak ikan untuk selanjutnya ia besarkan. Selain burayak, ia juga memiliki bibit-bibit louhan calon kontes. 
“Kalau pendapatan tidak bisa dipastikan. Paling sebulan sekitar Rp12 juta. Tapi kalau ada bibit kelas kontes banyak yang laku ya bisa lebih. Karena rata-rata satu bibitnga bisa mencapai Rp2-3 juta. Ya lumayan, bisa untuk melanjutkan kuliah ke jenjang lebih tinggi,” katanya. 
Tunggul sendiri mengaku kerap mengikuti berbagai ajang kontes ikan louhan di berbagai daerah, seperti Bandung, Jakarta, Solo, Jogja dsb. Ia juga sudah kerap menjadi juara di sejumlah ajang tersebut. Menurutnya semakin banyak memenangkan kontes, akan semakin mendongkarak harga koleksi ikan louhan miliknya. 
“Ikan louhan yang bagus itu bentuknya lebar. Cenderung kotak dan tidak memanjang. Warnanya kalau dilihat juga menarik, coraknya warna warni dan menyala. Selain itu juga bisa dari jenongnya. Semakin besar akan semakin banyak yang suka,” katanya. 
Ikan louhan sendiri merupakan ikan hias asal Taiwan dan Malaysia yang populer di Indonesia sejak 1998 silam. Ikan yang saat masih kecil sepintas mirip nila atau mujaer ini, akan terlihat mewawan begitu telah besar. Corak dan warnanya akan muncul beserta jambul menonjol di kepala, sehingga membuatnya nampak cantik. 
Jurnalis: Jatmika H Kusmargana /Editor: Irvan Sjafari/Foto: Jatmika H Kusmargana
Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.