Bulog Divre Kaltim Jamin Stok Beras Masih Aman hingga 6 Bulan

77

SELASA, 14 FEBRUARI 2017

BALIKPAPAN — Badan Urusan Logistik Divisi Regional (Bulog Divre) Kalimantan Timur, memastikan ketahanan stok beras dan gula pasir selama 6 bulan ke depan, aman. Kepala Bulog Divre Kalimantan Timur dan Utara, Yayan Suparyan, mengatakan, kualitas beras yang disediakan oleh Bulog, yakni medium dan premium.

Stock beras di Gudang Bulog Balikpapan.

“Stok beras setiap bulannya mencapai 3.000 ton untuk Kaltim, dan stok tersebut masih ada hingga 6 bulan mendatang. Kalau dihitung, alokasi per bulan untuk Kaltim itu tiga ribu ton. Itu kalau sebulan, nah kalau enam bulan pokoknya aman hingga bulan puasa dan lebaran untuk memenuhi kebutuhan Kaltim. Sedangkan kebutuhan gula pasir per bulan seribu delapan ratus ton, dan stoknya juga masih aman untuk enam bulan ke depan,” jelasnya, saat ditemui di Kantornya, Selasa, (14/2/2017).

Yayan menjelaskan pula, ketahanan beras yang disediakan Bulog untuk menjaga kebutuhan beras miskin (Raskin), bencana alam, dan menjaga kestabilan harga beras di pasaran. “Ketahanan pangan akan terus dijaga. Bila pengadaan beras di gudang berkurang, akan disuplai lagi dari Jawa Timur dan Sulawesi Selatan untuk memenuhi kebutuhan pangan di Kalimantan Timur dan Utara,” tandasnya.

Sementara itu, untuk pengadaan beras melalui wilayah Kalimantan Timur, pihaknya menargetkan tahun ini sebanyak 15.000 ton. “Target pengadaan beras untuk wilayah Kaltim itu masih sama dengan tahun 2016. Tahun lalu, realisasi pengadaan beras hanya 10 persen atau 1.500 ton dari target, karena faktor cuaca yang mengakibatkan produksinya kurang maksimal,” bebernya.

Kepala Divre Bulog Kalimantan Timur dan Utara, Yayan Suparyan

Meski realisasi pengadaan di Kaltim, minim, Yayan menjamin ketahanan persediaan beras di gudang aman masih cukup memenuhi kebutuhan hingga 6 bulan ke depan. “Pasokan beras dari luar didatangkan dari divre-divre yang surplus pasokan, mayoritas berasal dari Jawa Timur dan Makassar. Jadi, persediaan di gudang lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” pungkasnya.

Jurnalis: Ferry Cahyanti/ Editor: Koko Triarko/ Foto: Ferry Cahyanti

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.