Cuaca Buruk Dikhawatirkan Hambat Pilkada Serentak di Jawa Tengah

96

RABU, 15 FEBRUARI 2017

SEMARANG — Komisi Pemilihan Umum Jawa Tengah telah mempersiapkan secara maksimal logistik pelaksanaan Pilkada Serentak di wilayahnya, yang berlangsung hari ini, Rabu (15/2/2017). Tetapi, kendala non teknis seperti cuaca diperkirakan akan menghambat pelaksanaan Pilkada.

Ketua KPU Jateng, Joko Purnomo (tengah), saat memberi pengarahan tentang Pilkada Serentak.

Ketua KPU Jateng, Joko Purnomo, mengatakan, akhir-akhir ini, cuaca yang tidak menentu memang sempat mengganggu penyaluran logistik. Tetapi, dirinya yakin, pencoblosan akan berjalan dengan lancar. “Terakhir di Karimunjawa, ombak besar yang terjadi sempat membuat kapal berhenti berlayar, sehingga logistic sempat tertunda,” terangnya.

Langkah terakhir yang dilakukan KPU adalah melakukan supervisi ke tujuh kabupaten dan kota yang sedang melaksakan Pilkada. Hasilnya, seluruh logistik sudah berada di PPS tingkat desa dan kelurahan. Khusus untuk pengiriman Kotak Suara, KPU memang menginstruksikan untuk datang paling akhir. Hal ini untuk menghindari isu yang berkembang tentang manipulasi Surat Suara.
Joko berharap, semua pihak ikut mendukung terselenggaranya Pilkada Serentak sebagai bagian dari perwujudan demokrasi. Untuk pengamanan hari H, KPU selalu berkoordinasi dengan TNI, POLRI dan Satpol PP Jateng. “Mereka (TNI, POLRI dan Satpol PP) akan menambah personel di TPS untuk memberikan kenyamanan bagi pemilih,” tambahnya.

Selain untuk meningkatkan keamanan, satuan penegak hokum tersebut juga diminta untuk membantu Bawaslu dalam memantau kecurangan selama hari H, tetapi dirinya yakin karena proses koordinasi stakeholders peserta pemilu sudah sering berjalan, akan mempermudah pelaksanaan Pilkada. Berkaca pada Pilkada terakhir di Jateng pada 2015, dari 21 kabupaten atau kota, hanya tiga TPS di Kebumen dan Pekalongan yang melakukan pemungutan suara ulang.

Hari ini, 1 kota dan 6 kabupaten di Jawa Tengah, yakni Kota Salatiga, Kabupaten Pati, Banjarnegara, Brebes, Jepara, Cilacap, dan Batang, siap menggelar Pilkada. Sebanyak 17 Paslon siap bersaing untuk merebut 6.387.555 DPT yang terdaftar di KPU. Daerah dengan Paslon terbanyak adalah Batang, di mana Pilkada diikuti oleh 4 Paslon. Sementara, 1 Paslon yang mengikuti Pilkada Pati menjadikannya daerah dengan jumlah Paslon paling sedikit di Jateng.

Jurnalis: Khusnul Imanuddin/ Editor: Koko Triarko/ Foto: Khusnul Imanuddin

Baca Juga
Lihat juga...