banner lebaran

Daerah Bergunung, Gubernur Sumbar Jemput Aspirasi dengan Motor Trail

328

KAMIS, 16 FEBRUARI 2017

PADANG — Kondisi geografis di Sumatera Barat yang memiliki banyak pegunungan dan penduduknya yang tersebar di dataran tinggi, menjadi kendala tersendiri bagi Pemerintah Daerah setempat untuk menemui dan melihat langsung kondisi masyarakatnya. Namun, bagi Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno, ia memiliki cara tersendiri untuk menembus lokasi atau pedesaan yang akses jalannya sulit untuk dilalui dengan kendaraan beroda empat, apalagi kendaraan mewah. Cara yang dilakukan, yaitu dengan menggunakan motor trail/trabas.

Rombongan trabas Sumbar saat menjalahi kawasan di Kabupaten Padang Pariaman

Bagi Irwan Prayitno, motor trail bukan hal baru, karena selain hobi bermain drum dan karateka, gubernur dua periode itu juga hobi menunggangi motor trail. Ia menembus lokasi-lokasi yang terisolir tidak hanya sendirian, tapi bersama rekan-rekan motor trail di Sumbar lainnya.

Menurut Irwan, sudah kewajibannya untuk melihat langsung kondisi masyarakatnya, meski mereka berada jauh di lereng pegunungan dan di seberang sungai. “Apa yang saya lakukan ini sebuah tanggung-jawab, untuk melihat langaung kondisi kehidupan sosial, infrastrukur, dan pertanian masyarakat ,” kata Irwan, Kamis (16/2/2017).

Kedatangan Irwan Prayitno ke pedesaan, kadang juga mengejutkan masyarakat di pedesaan. Bahkan, masyarakat setempat ada yang tidak mengenali sosok Irwan Prayitno, terlebih ia mengenakan kostum safety motor trail. Menyikapi masyarakat yang tidak mengenali sosoknya, Irwan hanya tersenyum dan tertawa sambil duduk bersama dengan masyarakat yang disinggahinya.

Daerah-daerah yang telah dijelajahi Irwan sejak menjadi Gubernur Sumbar, sudah cukup banyak, karena dalam satu bulan sekali ia melakukan aksi motor trailnya itu. Seperti yang dilakukan baru-baru ini di daerah Gerabakdata, Kabupaten Solok, Alahan Panjang-Bukit Cambai, Sungai Pisang-Mandeh, dan banyak daerah-daerah yang telah ia jelajahi.
Menembus daerah yang sulit dilalui kendaraan mewah itu, Irwan Prayito tidak hanya sekedar pelepas hobi dan menemui masyarakat. Tetapi, dari peninjauan ke daerah-daerah tersebut, Irwan kemudian melakukan evaluasi bersama jajaran Kepala Daerah di Kabupaten/Kota.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menyerahkan bantuan uang tunai kepada warga, usai melakukan perjalanan panjang.

Di Gerabakdata Solok, dengan adanya kegian trabas tersebut, saat ini di desa itu sudah memiliki akses jalan yang bagus, dan telah memiliki akses komunikasi yang bagus, padahal sebelumnya tidak memiliki akses komunikasi. Setelah itu, pembenahan sejumlah infrastruktur lainnya, yakni Puskesmas.

Lalu, di Alahan Panjang-Bukit Cambai Solok, dengan adanya kegiatan trabas tersebut, lokasi Bukit Cambai menjadi lokasi wisata baru di Sumbar. Karena di puncak Bukit Cambai, bisa memandang 4 pegunungan dan 4 danau. Selanjutnya di Sungai Pisang-Mandeh, yang dalam rencana Pemerintah akan dibuat akses jalan yang secara khusus menuju Wisata Mandeh di Pesisir Selatan, tanpa perlu menempuh perjalanan jauh ke Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan.

Sedangkan yang di Kabupaten Padang Pariaman-Sicicin, Irwan melakukan penyisiran untuk melihat kondisi daerah untuk membuat akses jalan bebas hambatan, serta jalan untuk Stadiun Utama yang tengah direncakan dibangun di daerah Padang Pariaman. “Dengan cara inilah saya bisa membantu masyarakat, karena Sumbar ini memiliki potensi wisata yang besar di pedesaan ini, dan merencanakan pembangunan jalan dan infrastruktur lainnya,” ucap Irwan.

Tak jarang, kegiatan Irwan dengan motor trailnya menjadi sorotan masyarakat, yang berharap desanya dilalui oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno itu, dan mendapat bantuan untuk kemajuan infrastruktur di desanya. Kegiatan jemput aspirasi dengan gayanya Irwan itu, benar-benar mendapat pujian dari masyarakat di sejumlah daerah. “Saya kagum dengan Bapak Gubenur, karena bersedia menemui kami yang jauh dari pusat Pemerintahan. Kami senang dengan kepedulian semacam ini,” kata Erman, warga di Padang Pariaman.

Jurnalis: Muhammad Noli Hendra/ Editor: Koko Triarko/ Foto: Istimewa

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.