Damandiri Wujudkan Niat Siti Membantu Pernikahan Anaknya

170

SABTU, 4 FEBRUARI 2017

JAKARTA — Jejak Pemberdayaan Yayasan Damandiri — Siti Rohmah, atau akrab disapa Siti, seorang pedagang Soto Mie dan Ketan Betawi di RW01 Pengadegan, Jakarta Selatan menjalani kehidupan dengan berwirausaha. Mengikuti jejak orang tuanya, warga asli Betawi ini sejak usia muda sudah bergelut dalam kewirausahaan.

Siti Rohmah

Lahir di Jakarta, 23 November 1964, perjalanan hidup Siti banyak dihabiskan dengan berwirausaha. Dari pernikahan dengan almarhum suaminya, ia dikaruniai empat orang anak dan tiga orang cucu. Kegemaran Siti untuk berdagang ternyata sangat berguna ketika harus hidup seorang diri. Walaupun anak-anak masih kerap membantu biaya hidupnya, akan tetapi Siti tidak mau menyerah dengan keadaan.

Dari hasil berdagang itulah, Siti bisa menabung sedikit demi sedikit untuk kemudian berangkat Umroh pada Oktober hingga November 2016. Dagangan Siti cukup bervariasi, namun ia menjadikan Soto Mie sebagai ciri khas. Ketan Betawi dan aneka cemilan goreng menjadi pelengkap dagangan.

Sejak pukul dua pagi, Siti sudah mempersiapkan dagangannya. Merebus mie, bihun, menggoreng risoles, membuat lontong dan sayur labu, sampai menggoreng bawang dan kerupuk, dilakukannya hingga pukul empat pagi. Tepat pukul lima pagi, ia sudah membuka dagangannya, dan habis terjual sekitar pukul tujuh pagi.

Modal yang dikeluarkan Siti untuk berdagang setiap hari sejumlah Rp 200-250 ribu. Dengan modal sejumlah itu, Siti mampu meraup omset hingga Rp 400-450 ribu setiap hari. Dari total omset tersebut, laba kotor yang didapat Siti antara Rp 150-200 ribu. Berarti setelah dikurangi biaya-biaya lain, total laba bersih yang dipegang Siti setiap harinya sejumlah Rp 100 ribu. Menurut orang lain pasti tidak seberapa, akan tetapi dari penghasilan berdagang sebesar Rp 100 ribu per hari  itulah Siti bisa berangkat Umroh.

Sepulang Umroh, seorang anak Siti datang dan mengutarakan keinginan untuk menikah. Tidak ada hal lain yang dibenak Siti, selain mempersiapkan biaya. Andalan Siti hanya usaha Soto Mie, ia harus menambah dagangan untuk menambah biaya pernikahan anaknya. Akhirnya, Siti mengajukan pinjaman modal usaha lewat Tabungan Kredit Pundi Sejahtera (Tabur Puja) Yayasan Damandiri, di Posdaya Melati 3, RW01 Pengadegan.

Pada 23 November 2016, bertepatan dengan hari ulang tahunnya yang ke-52 tahun, pinjaman Tabur Puja Siti cair sebesar Rp 2 Juta. Bukan main gembira hatinya, ia segera pulang ke rumah, dan langsung mempersiapkan modal menambah dagangan berupa lontong sayur dan beberapa varian cemilan goreng ditambah kue-kue basah. Sisa modal ditabung untuk persiapan jika memang harus menambah variasi dagangan ke depannya. Dan berkat Tabur Puja, pendapatan bersih Siti sekarang mulai meningkat, dari laba bersih hanya berkisar Rp 100 ribu setiap harinya, sekarang bisa mencapai Rp 150-200 ribu per hari.

Target Siti hingga pertengahan 2017 ia harus mampu mengumpulkan uang untuk menambah biaya pernikahan anaknya. Butuh biaya cukup besar, dan walaupun anaknya tidak memberikan sinyal meminta bantuan dana, akan tetapi sebagai seorang ibu, sudah menjadi kewajiban Siti untuk membantu sang anak.

“ Insya Allah, selama saya masih sehat, masih mampu berdagang, apapun akan saya lakukan untuk anak-anak dan cucu saya. Orangtua berikut suami saya sudah tidak ada, dan harta milik saya paling berharga sekarang hanya anak-anak dan cucu,” ucap Siti.

Cicilan Tabur Puja Siti baru terhitung dua kali. Namun Siti sudah memiliki impian untuk ke depannya bersama Tabur Puja. Jika cicilan untuk pinjaman pertamanya sudah selesai, Siti akan mengajukan pinjaman lagi. Ia berencana mengembangkan usahanya seperti berjualan sembako dan lain sebagainya.

“ Saat ini saya konsentrasi dulu untuk pernikahan anak saya. Setelah itu, pelunasan cicilan pinjaman pertama. Ke depannya saya ingin buka warung sembako di rumah, untuk menambah pendapatan sehari-hari,” demikian Siti menutup perbincangannya dengan Cendana News.

Jurnalis : Miechell Koagouw / Redaktur : ME. Bijo Dirajo / Foto : Miechell Koagouw

Baca Juga
Lihat juga...