Data Penting Desa Plosorejo, Karanganyar, Hilang Dicuri

454

SENIN, 13 FEBRUARI 2017

SOLO — Kantor Balai Desa Plosorejo, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, dibobol pencuri, Senin (13/2/2017). Sebuah Laptop,  2 buah perangkat Komputer dan 1 proyektor dalam kondisi baru hilang dalam kejadian yang baru diketahui  keesokan harinya. Total kerugian materi dari kejadian itu diperkirakan mencapai Rp. 30 Juta.

Sejumlah berkas dan peralatan komputer berserakan usai pencurian.

Kepala Desa Plosorejo, Giyarti  kepada Cendan News, menceritakan, Kantor Balai Desa tersebut memang jika malam tidak ada yang menjaga. Namun, biasanya ramai karena banyak anak-anak dan remaja yang memanfaatkan free hotspot untuk internet. Hanya saja, kondisi malam itu daerahnya tengah diguyur hujan, sehingga tidak ada yang tahu kapan tepatnya kejadian itu. “Kita kaget pada pagi hari saat akan masuk kantor, pintu sudah terbuka semua. Gembok  pintu juga sudah dirusak karena dibuka paksa,”  ucapnya.

Setelah diteliti lebih lanjut,  banyak barang-barang milik Kantor Desa yang hilang. Yakni, 1 buah Laptop dan 2 komputer serta 1 proyektor yang masih dalam kardus sudah tidak ada di tempatnya. “Semua data ada di laptop dan komputer itu hilang. Dalam kejadian ini, tidak ada uang yang hilang, karena memang tidak ada penyimpanan uang di Kantor Desa,” kata Giyarti.

Soal isi komputer dan laptop, disebutkan Giyarti jika semua data penting terkait kegiatan Desa dan ada di dalamnya hilang semua.  Pihaknya juga tidak mengetahui siapa yang nekad mencuri dari Kantor Desa, karena selama beberapa hari tidak ada tanda-tanda yang mencurigakan.

Kepala Desa Plosorejo, Giyarti.

Dengan adanya kejadian itu,  ia langsung melapor kepada pihak berwajib. Ditambahkan, dalam kasus pencurian itu ada yang janggal, karena sejumlah perangkat elektronik lainnya yang ada di Kantor Desa  tidak ikut diambil. Seperti laptop dan printer masih tergeletak di lokasi semula. “Saya sudah laporkan ke Polsek Matesih untuk dilakukan penyelidikan,“ jelas Giyarti, sembari mengimbuhkan, jika petugas juga sudah melakukan pemeriksaan di lokasi, dan kasus tersebut saat ini dalam penanganan pihak kepolisian setempat.

Jurnalis: Harun Alrosid/ Editor: Koko Triarko/ Foto: Harun Alrosid

Baca Juga
Lihat juga...